POPULAR STORIES

Toyota BZ4X Ditarik Kembali Karena Masalah ECU

Toyota bZ4X Ditarik Kembali Karena Masalah ECU Toyota bZ4X ditarik kembali karena masalah ECU (Foto: TAM)

KabarOto.com - Mobil listrik Toyota bZ4X ditarik kembali (recall). PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen pemgang merek (APM) merek Toyota, meminta para pemilik segera ke bengkel resmi, melakukan pembaruan Electronic Control Unit (ECU).

Recall dilakukan untuk Toyota bZ4X buatan Maret 2022 sampai Juni 2023, ada sebanyak 595 unit. Estimasi untuk pengecekkan sampai update software maksimal 2 jam.

Baca Juga: PT TAM Kerahkan 79 Toyota BZ4X Selama KTT ASEAN

"Kami akan melakukan pemeriksaan beserta reprogramming dalam bentuk software update pada Electronic Control Unit (ECU) pengendali Combination Meter yang berfungsi menampilkan seluruh informasi penting kendaraan dalam bentuk Multi Information Display (MID)," jelas Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, melalui siaran pers.

Toyota bZ4X sudah banyak digunakan oleh instansi pemerintah (Foto: kabarOto)

ECU di mobil ramah lingkungan itu, fungsinya untuk mengendalikan tampilan seluruh informasi penting di Combination Meter. TAM melalui Henry juga meminta maaf atas kejadian tersebut, dan berkomitmen menjamin kualitas produk, serta menjaga keamanan dan keselamatan pemilik Toyota bZ4X.

"Dengan segala kerendahan hati, PT TAM menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) yaitu menginformasikan dan mengajak para pemilik kendaraan bZ4X supaya segera memastikan apakah kendaraannya termasuk dalam daftar unit yang mendapatkan recall di jaringan bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia," tambah Henry.

Ia juga memastikan, tak ada penggantian suku cadang, pemilik juga tidak perlu khawatir, karena seluruh proses pemeriksaan hingga final check ditanggung sepenuhnya oleh TAM.

Sebagai informasi, toyota bZ4X dimensi panjangnya 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm, ada dua pilihan sistem penggerak roda, depan (FWD) juga semua roda (AWD).

Baca Juga: PT KAI Jadikan Toyota BZ4X Sebagai Mobil Listrik Operasional

Versi FWD mampu menghasilkan tenaga maksimal 150 kW, dan AWD 160 kW. Menggendong baterai lithium-ion, posisinya di lantai mobil, bertegangan 355 volt. Akselerasi 0-100 kpj sekitar 8,4 detik, versi FWD dan AWD 7,7 detik. Pengecasan dari 0 sampai 80 persen dalam 30 menit. Dilengkapi juga panel surya di atap mobil, untuk membantu pengisian daya baterai.