POPULAR STORIES

Toyota Chasing The SunRaize, Single Tank Toyota Raize Jalan Sejauh 568 Km

Toyota Chasing the SunRaize, Single Tank Toyota Raize Jalan Sejauh 568 km foto: Fayon

KabarOto.com - Memanfaatkan momen kehadiran Toyota Raize di Tanah Air, KabarOto penasaran akan konsumsi bahan bakar dari SUV berdimensi kompak ini.

Makanya, berbarengan KabarOto menguji Toyota Raize tipe 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, sekaligus bikin program “Chasing the SunRaize”. Cocok kan, small SUV ini dipakai untuk eksplor daerah sepanjang Jawa-Bali, mencari sunrise yang lokasinya acap terpencil dengan kondisi jalan tak menentu.

Toyota Raize yang diuji adalah varian tertinggi, di mana TSS adalah singkatan dari fitur keamanan terkini Toyota Safety Sense. Tipe ini dibanderol dengan harga Rp 263,7 juta (OTR Jakarta).

Baca juga: Toyota Raize Bisa Dicicil Rp2,7 Juta Per Bulan, Ini Caranya

Gaya khas SUV dengan sepatbor besar

Toyota Raize menggendong mesin 1KR-VET, berkonfigurasi 3 silinder dengan kapasitas 998 cc. Ditambah dorongan turbo, supaya tenaga dan torsinya dapat meningkat secara signifikan, diteruskan ke transmisi CVT. Mesin turbo-nya mampu menghasilkan tenaga 96 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak menembus 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Pilih BBM yang Tepat

Sambil jalan, KabarOto memutuskan untuk melakukan pengujian Single Tank Challenge Toyota Raize. Jadi, selain penasaran dengan konsumsi BBM yang bakal dihasilkan, tim redaksi juga ingin tahu, sejauh apa Toyota Raize bisa berjalan, dalam sekali pengisian penuh tangki BBM.

BBM yang dipilih menggunakan Shell V-Power. Sebagai informasi, V-Power ini memiliki nilai oktan RON 95. BBM ini dipilih karena spesifikasinya melebihi rekomendasi pabrikan, yang mengharuskan Raize diisi BBM dengan angka oktan minimal RON 92.

Pengujian Single Tank Challenge diputuskan untuk dilakukan saat perjalanan dari Cirebon hingga Surabaya. Sementara pada rute dari Gading Serpong hingga Cirebon, redaksi akan konsentrasi menguji performa dan tenaga mesin. Perjalanan rute ini cukup jauh dengan melalui kontur jalan menanjak dan menurun, tak ketinggalan ada beberapa ruas memiliki kepadatan lalu lintas.

Baca juga: Profil Toyota Agya GR Sport

Pakai BBM lebih bagus, hasil konsumsi ikut membaik

Memulai perjalanan dari kota Cirebon, Jawa Barat, tepatnya SPBU Shell di kawasan Jl. Kesambi, dengan mengisi hingga penuh bahan bakar Toyota Raize menggunakan Shell V-Power. Bahan bakar diisi penuh hingga batas leher pipa input bahan bakar menuju tangki. KabarOto lekas me-reset trip pada spidometer menjadi 0 (nol), termasuk angka konsumsi bahan bakar juga di-reset.