POPULAR STORIES

Toyota Dan Daihatsu Investigasi Terkait Kesalahan Uji Tabrak Produknya

Toyota dan Daihatsu Investigasi Terkait Kesalahan Uji Tabrak Produknya Perodua Axia (Foto: Daihatsu)

KabarOto.com - Toyota dan Daihatsu mengungkapkan telah terjadi kesalahan dalam melakukan uji tabrak pada empat kendaraannya. Di mana, produk yang dikembangkan oleh Daihatsu ini dipasarkan di Thailand, Meksiko, Ekuadorm dan Timur Tengah.

"Kesalahan Daihatsu menyangkut masalah keselamatan, yang merupakan aspek terpenting dari kendaraan. Kami menganggap ini sebagai tindakan yang benar-benar tidak dapat diterima dan mengkhianati kepercayaan pelanggan kami. Kami ingin meminta maaf dengan tulus kepada pelanggan kami di seluruh dunia," ucap Akio Toyoda, Chairman of the Board of Directors Toyota Motor Corporation.

Malensir laman Reuters, dalam sebuah rilis Daihatsu mengkonfirmasi bahwa pada bulan April, sumber internal menemukan bukti bahwa lapisan pintu depan tidak dibuat dengan benar untuk uji tabrak pada kendaraan tertentu. Hal ini dilakukan untuk mencegah bagian tersebut pecah berkeping-keping dengan ujung tajam yang dapat melukai penumpang selama pengerahan airbag samping.

Baca Juga: Toyota Supra RZ Plasma Orange 100 Edition Hanya 100 Unit Di Jepang

Toyota Yaris ATIV

Akibatnya ada 76.289 unit Toyota Yaris ATIV produksi Agustus 2022 diduga mengalami masalah tersebut. Di mana, produk ini diproduksi di pabrik Daihatsu di Thailand dan Malaysia. Dan dipasarkan di Thailand, Meksiko, Arab Saudi, UEA, Kuwait, Qatar, Bahrain dan Oman

Selain itu, ada juga Perodua Axia sebanyak 11.834 unit yang diproduksi pada Februari 2023 di Malaysia dan Toyota Agya yang rencananya diproduksi Juni mendatang dan dipasarkan di Ekuador.

Daihatsu mengatakan setelah menyelidiki laporan internalnya, pihaknya berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi dan segera menghentikan pengiriman kendaraan yang terkena dampak. Pabrikan berencana untuk menguji ulang kendaraan menggunakan suku cadang yang tepat, dengan otoritas eksternal hadir untuk validasi.

Baca Juga: Toyota Hilux Disulap Jadi Kendaraan Pemadam Kebakaran Dengan Penggerak 6x6

Toyota Agya GR SPort

Toyoda mengatakan perusahaannya sekarang juga bekerja untuk menyelidiki sepenuhnya kesalahan Daihatsu dan akar penyebabnya. Dia mengatakan perusahaan sedang bekerja untuk mencegah masalah serupa terulang di masa depan.

“Sebagai pejabat eksekutif, Presiden Koji Sato akan bertanggung jawab untuk meningkatkan operasi manufaktur mobil Toyota dan perusahaan grup, sementara saya, sebagai ketua dewan dan dengan pengalaman saya, akan memimpin inisiatif untuk tata kelola dan kepatuhan,” ucap Toyoda.