POPULAR STORIES

Toyota Hilux Disulap Jadi Kendaraan Pemadam Kebakaran Dengan Penggerak 6x6

Toyota Hilux Disulap Jadi Kendaraan Pemadam Kebakaran dengan Penggerak 6x6 Hiload 6x6 Rapid Intervention Vehicle (Foto: ProSpeed)

KabarOto.com - Perusahaan asal Inggris, ProSpeed merancang Hiload 6x6 Rapid Intervention Vehicle yang dibangun menggunakan basis dari Toyota Hilux.

Sebagai informasi, ini adalah kendaraan listrik yang digunakan sebagai mobil pemadam kebakaran. Kendaraan ini menggunakan sasis yang baru dan pembagi torsi untuk konversi penggerak 6x6.

Nama Hiload dipilih karena kendaraan ini mampu menampung muatan hingga 3.000 kg, tiga kali lipat dibandingkan Toyota Hilux standar atau pikap lain di kelas yang sama. Berat kotor kendaraan ini mencapai 5.600 kg, dan area muatan diperpanjang 1.230 mm, memungkinkan Hiload membawa banyak air dan peralatan yang diperlukan bagi pemadam kebakaran.

Baca Juga: Toyota Perkenalkan Dua Konsep Mobil Listrik Di Tiongkok

Tinggi kendaraan 1.850 mm, cukup rendah untuk di tempat parkir bawah tanah

Tinggi kendaraan 1.850 mm, cukup rendah untuk di tempat parkir bawah tanah. Selain itu, ground clearance dan tingkat cengkeraman tinggi dari enam ban off-road membuat Hiload menjadi kendaraan yang pas untuk memadamkan kebakaran hutan dan membawa lebih banyak air.

Selain bagian belakang yang diperpanjang dan pelek, modifikasi eksterior lainnya termasuk bumper off-road, rak atap, dan LED ekstra.

ProSpeed melengkapi Hiload 6x6 dengan sistem pemadam api inovatif yang disebut Coldcut Cobra. Bahan abrasif menembus lantai kendaraan, memungkinkan air disuntikkan ke dalam casing baterai pada tekanan tinggi, yang pada akhirnya mendinginkan modul dan mencegah perambatan.

Tes independen membuktikan bahwa Coldcut Cobra dapat mencegah perbanyakan sel dalam waktu 10 menit, hanya dengan menggunakan 240 liter air, hanya 20% dari kapasitas tangki air Hiload.

Baca Juga: Toyota Akan Siapkan 12 Charging Station Di Labuan Bajo

Hiload 6x6 dengan sistem pemadam api inovatif yang disebut Coldcut Cobra

Hiload 6×6 dirakit di Inggris, dan saat ini diuji di Republik Ceko. Prospeed mengatakan bahwa itu sudah menjadi bagian dari armada pemadam kebakaran pabrikan mobil listrik.

Selain menjualnya sebagai kendaraan lengkap dengan harga yang dirahasiakan, perusahaan dapat mengirimkan modul konversi 6×6 ke pasar ekspor dan bersedia melisensikan desain untuk produksi volume yang lebih tinggi. Prospeed juga menawarkan konversi serupa 4×4 dan 6×6 yang dirancang sebagai kendaraan utilitas untuk militer.