Toyota Dan Suzuki Resmi Berkolaborasi

Toyota dan Suzuki Resmi Berkolaborasi Presiden Toyota, Akio Toyoda bersama Chairman Suzuki, Osamu Suzuki (foto: Carwale.com)

Toyota Motor dan Suzuki Motor Corp akhirnya secara resmi berkolaborasi atau menjalin aliansi. Kolaborasi keduanya bakal memfokuskan dalam pengembangan teknologi informasi, keselamatan dan mobil ramah lingkungan.

Sayangnya baik Toyota maupun Suzuki tak memberikan rincian lebih lanjut tentang kolaborasi ini. Diharapkan dengan adanya aliansi dapat membantu satu sama lain dalam industri otomotif.

Suzuki sendiri merasa masih kurang pede menghadapi persaingan dalam mengembangkan teknologi baru, sementara Toyota mengakui masih dibelakang pesaing mereka di Amerika Utara dan Eropa demikian seperti dikutip dari laman Carwale.

Presiden Toyota, Akio Toyoda sangat antusias dengan kolaborasi ini, bahkan dirinya sudah tak sabar untuk belajar banyak dari Suzuki. Sementara Chairman Suzuki, Osamu Suzuki mengatakan bahwa pihaknya juga sangat senang dengan adanya kerjasama ini. Menurutnya baik Suzuki dan Toyota tengah berada di tahap pertama dalam membangun suatu jalinan yang kongkret dan Suzuki siap melakukan banyak diskusi lagi.

Kolaborasi Toyota dan Suzuki sebenarnya sudah diperbincangakan sejak akhir tahun 2016 lalu. Saat itu Toyota dan Suzuki lebih memfokuskan pembicaraan ke penjualan produk mobil di pasaran negara berkembang.

Baca Juga: