POPULAR STORIES

Toyota Hilux Hybrid Meluncur Di Eropa, Dibekali Mesin Diesel

Toyota Hilux Hybrid Meluncur di Eropa, Dibekali Mesin Diesel Toyota Hilux Hybrid 48V (Foto: Toyota)

KabarOto.com - Toyota Hilux hybrid resmi meluncur, kini pikap kabin ganda ini dibekali mesin turbodiesel 2.800 cc dipadukan sistem hybrid ringan 48 volt.

Sistem hybrid ini diklaim membuat tenaga Toyota Hilux bertambah, terdapat starter-generator yang terintegrasi dengan belt. Di mana, sistem hybrid ini dapat memberikan tambahan tenaga 15 dk dan torsi 65 Nm. Tenaga listrik yang dihasilkan didukung baterai 48 volt terletak di bawah jok penumpang belakang.


Layar berukuran 8 inci terintegrasi Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel

Baca Juga: Toyota GR Supra Milik Liam Lawson, Warna Hijau Turquoise Jadi Pilihan

Selain itu, generator yang kokoh berbentuk kompak dirancang untuk tahan terhadap lingkungan kerja keras yang biasa dilakukan kendaraan komersial. Mesin diklaim telah dimodifikasi untuk beradaptasi dengan sistem hybrid, material belt dibuat lebih kuat untuk meningkatkan kemampuan berkendara dan pengendaraan lebih senyap, sekaligus mempertahankan daya tahan Hilux.

Toyota Hilux hybrid dibekali mesin 4 silinder, DOHC, 16 katup, berkapasitas 2.800 cc berstandar Euro 6 yang mampu menghasilkan tenaga 201 dk pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.

Mesin DOHC 16 katup 2.800 cc berstandar Euro 6 bertenaga 201 dk dan torsi 500 Nm

Jantung pacu ini dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar common rail, variable nozzle turbocharger (VNT), dan intercooler berpendingin air. Untuk mengendalikan emisi gas buang meliputi Katalis Oksidasi Diesel, Filter Partikulat Diesel, Reduksi Katalik Selektif dan Urea Additional Injection.

Baterai 48 volt memiliki berat 7,66 kg dapat diisi ulang melalui regenerasi energi saat pengereman. Sistem regenerative braking itu juga berkontribusi terhadap perlambatan.

Baca Juga: Toyota Yaris Cross Hybrid Calon Penerus Yaris Cross Hybrid?

Toyota Hilux Hybrid 48V dibekali paket Toyota Safety Sense (TSS)

Sistem baterai 48 volt dan konverter DC/DC yang dirancang kedap air memungkinkan mobil ini melaju di genangan dengan kedalaman 70 cm. Selain kemampuan offroadnya, Hilux Hybrid 48V memiliki approach dan departure angle masing-masing 29 derajat dan 26 derajat. Sedangkan ground clearancenya mencapai 310 mm.

Toyota Hilux Hybrid 48V dibekali paket Toyota Safety Sense (TSS) yang mengemas Pre-Collision System yang ditingkatkan dengan peningkatan deteksi pejalan kaki di malam hari, deteksi pesepeda di siang hari, dan deteksi kendaraan melaju atau pejalan kaki di persimpangan saat berbelok. Sistem itu akan memberikan peringatan dan pengereman jika diperlukan.

Kabarnya, Toyota Hilux hybrid baru akan dipasarkan di Eropa pada pertengahan tahun 2024.

Berita Terkait

Berita Terkait