Toyota Kijang Innova 2015 : Buat Harian Oke, Buat Drag Race? Siapa Takut!

Toyota Kijang Innova 2015 : Buat Harian Oke, Buat Drag Race? Siapa Takut! Tampang Kalem, Tenaga Beringas (KO/Edo)

kabarOto.com – Berawal dari kegemarannya dengan kecepatan, pria bernama Aska memodifikasi Toyota Kijang Innova tipe G keluaran 2015 miliknya. Hampir semua sektor terkena ubahan, makanya Aska enak saja memakai MPV-nya ini untuk harian, pun tak takut kala harus turun drag race.

Sebab, ubahan paling mencolok pada mesin diesel yang disandangnya. Diesel?

Yaa.. buang jauh-jauh anggapan bahwa mesin diesel identik dengan tarikan yang lemot plus asap hitam yang pekat. Karena lewat kemajuan teknologi, mesin diesel zaman now mampu menghasilkan akselerasi yang tak kalah dengan mesin bensin.

“Saya suka Innova karena selain mesin dieselnya gampang dimodifikasi, interiornya juga lega, bisa angkut banyak barang. Karena pada dasarnya saya memang suka minibus, dan Innova ini yang paling pas, buat ikut kontes juga oke, hehehe,” ujar Aska yang berprofesi sebagai wirausaha ini.

Agar performa mesinnya meningkat, Aska lantas membawa Innova berwarna grey tersebut ke bengkel Wr Garage di daerah Ratu Dibalau, Lampung. Di sana, ia akhirnya memutuskan untuk mengganti perangkat turbo standar dengan aftermarket keluaran IHI.

“Menurut saya perangkat turbo ini paling pas, meskipun dapat membuat tenaga melonjak, mobil juga masih enak untuk dipakai harian,” jelas pria bernama lengkap Askasifi Eka Cesario ini. Tak hanya itu, jalur down pipe sampai center pipe dan piping knalpot juga dibuat ulang menggunakan bahan galvanis.

Penasaran atas modifikasi mesin yang telah dilakukan, Aska lantas membawanya ke Sigma speed di Jakarta, untuk dilakukan dyno tes. Hasilnya, letupan tenaga hingga lebih dari 300 dk berhasil diraih Innova tersebut.

Namun Aska enggan menyebut angka pasti kenaikan tenaga yang didapat, “Rahasia saja mas, yang pasti di atas 300 dk,” ujarnya sambil tersenyum penuh misteri.

Baca juga: Subaru BRZ 2013 – Belum Dijajal Langsung Ingin Ubah Modif Lagi!

Agar kinerja mesin selalu optimal, sekaligus meningkatkan pasokan udara dingin ke ruang bakar, dipasanglah intercooler keluaran flex yang menjamin mesin selalu dalam suhu yang ideal.

Tenaga yang besar, terasa tak lengkap bila sistem pengereman tidak ikut di-upgrade. Pria yang berdomisili di Lampung itu, lantas memasang perangkat rem keluaran Brembo 4 pot, yang diambil dari Nissan GTR.

Nah, mengatasi karakter MPV yang riskan limbung, Aska turut membuat handling-nya terasa makin mantap, setelah dipasang underbrace keluaran Ultra Racing, beserta coilover street basic buatan Tein.

Pria ramah tersebut juga memasang pelek TE37 Ultra berukuran 17x7,5 yang dibaut ban Toyo c1s 215/55R17.

Kini, ingin melakukan burn out jadi perkara gampang

Meskipun tampangnya kalem, namun Innova milik Aska tersebut juga ikut serta dalam beberapa ajang drag race yang digelar di Palembang dan Lampung beberapa waktu lalu.

“Lumayan, mobil ini sudah dapat 7 piala, saat ikut beberapa lomba drag race,”girang Aska. Gokil sob!


Spesifikasi:

Eksterior

Engine Hood Carbon
Eagle Eyes Head Lamp & Stop Lamp

Kaki-kaki

Te37 Ultra 17x7,5
Toyo c1s 215/55/17
BBK Brembo 4 pot
Underbrace Ultra Racing
Tein Coilover Street Basis

Interior

Jok Recaro LX
3 Way Speaker PS 165 F3
HU Kenwood DDX 417 BT
Processor Audison
Power Zapco ST4x SQ
Subwoofer Focal Bomba 20 A1
Greddy Meter Indicator
Boostmeter Shadow

Mesin

Flex Intercooler
Turbo RH4 Modified
Noozle GTX Racing
Jack Camshaft
Dry NOS
Open Filter K&N
Dastek Q4, Idrive SCV, Booskit Unichip
Exhaust Custom Piping 3 inch