POPULAR STORIES

Toyota Kembangkan Corolla Cross Dan Hilux Bertenaga Hidrogen

Toyota Kembangkan Corolla Cross dan Hilux Bertenaga Hidrogen Toyota Corolla Cross H2 Concept (foto : Toyota UK)

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota baru-baru ini tengah mengembangkan tenaga hidrogen untuk Toyota Corolla Cross dan Hilux.

Toyota Inggris (UK) melihat masa depan untuk mobil bertenaga hidrogen. Pihak pabrikan sedang melakukan pengembangan melalui Corolla Cross H2 Concept dan Hilux hidrogen.

Baca Juga : Toyota Dukung Target Indonesia Net Zero Emission Di Tahun 2060

Untuk mobil pertama yaitu Corolla Cross, di bawah kap mesin ini ada mesin 3 silinder turbochaged berkapasitas 1.600 cc. Mesin ini sama yang digunakan oleh GR Corolla yang akan digunakan pada ajang World Rally Championship (WRC) untuk mobil GR Yaris H2.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan tenaga hidrogen, pihak Toyota klaim dapat meningkatkan tenaga mesin hingga 24 persen. Adapun, jarak tempuh lebih jauh sekitar 30 persen serta pengisian bahan bakar hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah menit.

Tampilan penggerak Corolla Cross H2 Concept

Sementara itu, untuk Hilux hidrogen pihak Toyota sedang melakukan penelitian di Burnaston, Inggris. Setelah pengembangannya selesai, Hilux hidrogen ini akan diproduksi dalam skala kecil terlebih dahulu.

Proyek Hilux bertenaga Hidrogen ini didanai oleh Lembaga Advance Propulsion Center yang menyumbang sekitar 11,3 juta Poundsterling atau setara Rp 214,09 miliar, serta 5,6 juta Poundsterling atau setara Rp 106,9 miliar dari Pemerintah Inggris.

Baca Juga : Belum Genap Sebulan, Pemesanan Toyota Kijang Innova Zenix Tembus 4.000 Unit

Hilux hidrogen dikabarkan akan menggunakan powertrain sel bahan bakar dari Toyota Mirai lengkap dengan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon. Tangki tersebut dapat menampung hingga 141 liter hidrogen.

Tumpukan sel bahan bakar elektrolit polimer padat 330 sel di bawah kap mesin yang kemudian digabungkan hidrogen dengan oksigen ini dapat menghasilkan listrik. Tenaga tersebut dapat menggerakan motor listrik dengan keluaraan tenaga sekitar 134 kW atau 179 dk dengan torsi 300 Nm yang terpasang di roda belakang. Motor listrik ini juga didukung oleh paket baterai lithium-ion kecil berkekuatan 1,2 kW.

Meskipun Hilux hidrogen hanya akan dijual di Inggris dan daratan Eropa, proyek ini bisa menjadi produk massal untuk pasar global dalam memenuhi target zero emission.