POPULAR STORIES

Toyota Kembangkan Robot Untuk Bantu Manusia

Toyota Kembangkan Robot untuk Bantu Manusia Human Supports Robot by Toyota

KabarOto.com - Seiring zaman yang terus berkembang, membuat pergerakan manusia maupun teknologi menjadi lebih cepat dan terus maju. Sejalan dengan itu, Toyota mendesain robot untuk dapat membantu kegiatan sehari-hari dan kemandirian dalam basis keperawatan yang luas.

Terobosan yang dilakukan Toyota tersebut diketahui bernama Human Supports Robot (HSR), yang dapat membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari untuk mengambil, memberikan, membawa, dan meletakkan suatu benda atau pada seseorang.

Baca Juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Toyota Robot

HSR terus menjalani uji coba fasilitas perawatan melalui rumah lansia dan disabilitas. Robot ini juga mampu mengambil benda yang lebar maupun sangat tipis. Tubuhnya pun memiliki komponen yang mirip dengan manusia seperti layar sebagai kepala dan lengan untuk mengambil benda.

Baca juga: Profil - New Jeep Grand Cherokee Overland

Bagian tubuhnya memiliki kemampuan telescoping body atau dapat memanjang ke atas sehingga tinggi dari HSR bisa berubah dari 100 cm sampai 135 cm. Dengan begitu HSR memungkinkan untuk dapat mengambil dan melihat barang yang posisinya cukup tinggi.

Layarnya pun mampu bergerak ke atas atau mendongak mencapai tinggi manusia setinggi 175 cm. Dengan diameter 43 cm dan berat 37 kg, HSR mampu omnidirectional movement atau perpindahannya bisa ke segala arah dan ruang kerjanya luas.

Robot Toyota

Mulai pada bagian kepala yaitu layar, HSR memiliki beberapa susunan atau kompenen seperti microphone, kamera RGBD-C, layar untuk menampilkan tampilan pada tablet pengguna, dan kamera stereo.

Pada bagian lengan HSR memiliki kontrol yang mirip dengan sendi lengan sehingga tidak kaku layaknya robot biasa sehingga dapat mengambil benda yang tinggi maupun sangat rendah dan tipis.

Selain itu pada lengan terdapat sensor kekuatan torsi, kamera dengan angle lebar yang nantinya ketika HRS mengambil suatu benda akan terlihat pada layar user.

Robot toyota

Ada pun penggenggam yang menyerupai tangan yang digunakan untuk mengambil suatu benda yang besar atau dapat digenggam. Nah, pada bagian penggenggam ini juga terdapat bantalan vacuum yang digunakan untuk mengambil benda yang tipis, misalnya kertas, maka akan menempel pada bantalan vacuum.

Apabila pengguna ingin memberhentikan HSR cukup tekan tombol "stop" wireless, kemudian HSR akan turun secara bertahap dari kompensasi gravitasi. Pengguna dapat memutar kembali tombol wireless untuk me-reset. Pengguna juga dapat menggunakan magnetic tape untuk memberikan batas berhenti pada HSR.

Baca Juga: Profil – Toyota New Alphard

Jika tutup mesin dibuka maka akan muncul beberapa port kabel seperti 3 port USB, port VGA, port Serial, aux Power Feed, aux stop, 12V-0.5A, dan LAN. Menariknya lagi, HSR dapat dikontrol orang lain dengan jarak yang jauh melalui tablet interface maupun digunakan atau dikontrol oleh diri sendiri.