POPULAR STORIES

Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Sejarah Toyota Kijang Innova di Indonesia Foto: toyota.astra.co.id

KabarOto.com – Setelah membahas silsilah Toyota Kijang dari generasi 1 hingga 4. Kali ini KabarOto berlajut ke penerusnya yaa… Yup betul sekali, Kijang Innova.

Melanjutkan perjuangan Kijang Kapsul, namun di generasi Kijang Innova tak ada lagi varian pikap, yang bentuknya serupa. Memang masih ada pikap, tapi basisnya diambil dari Toyota Hilux.

Langsung saja kita bahas yuk dari Kijang Innova yang baru pertama keluar. (Deddy Darmanto)

1. Kijang Innova (2004 – 2008)

Pada generasi pertama ini, Kijang berinovasi total. Namanya pun harus digabungkan, tak lagi disebut hanya sebagai Kijang, namun Kijang Innova. Desainnya diubah total dari Kijang Kapsul. Bodi dibuat lebih membulat, dan juga pada bagian lampu sudah menggunakan desain yang lebih modern bukan mengotak lagi.

kijang 2000

Mesin juga sudah diubah semua, yang terkecil ada bensin 1TR-FE, 4 silinder segaris berkapasitas 2.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga 134 dk. Mesin ini tersedia di semua tipe dan hanya tipe J saja yang tidak ada transmisi otomatis.

Ada juga varian diesel turbo, berkapasitas 2.500 cc dengan kode mesin 2KD-FTV berteknologi D-4D. Mesin ini memiliki tenaga 102 dk dan torsi 260 Nm. Untuk varian mesin ini hanya tersedia pada tipe E, G, V dan jika ingin mengingikan transmisi otomatis, hanya ada pada tipe G, dan V.

Untuk tipe E, kelebihan ada pada jok yang sudah menggunakan bahan fabric, lalu juga sudah dilengkapi dengan 4 buah speaker yang siap menghibur para penumpang.

Masih kurang? Lanjut ke tipe G, pada varian ini terdapat 4 speaker yang dilengkapi 2 tweeter. Pengaturan kursi juga sudah ada high adjuster. Untuk opsi tambahan layar monitor di plafon berukuran 8 inci, bisa memilih tipe G Luxury.

sejarah kijang innova

Eksterior pada tipe G Luxury ada penambahan aksesori pada bagian spoiler bumper belakang, pemanis muffler cutter dan penambahan emblem Luxury.

Masih kurang lengkap? Ada tipe V yang paling tinggi nih! Yang bisa didapat dari tipe ini adalah, setir sudah menggunakan wood panel, juga sudah dibalut kulit yang tentunya menambah kesan mewah.

Lengkapnya lagi, mobil ini sudah menggunakan AC digital dan juga MID (Multi Information Display,) yang memungkinkan pengendara mengetahui segala sesuatu tentang penggunaan mobil, hingga temperatur udara luar. Yang berbeda dengan V Luxury adalah penggunaan captain seat pada baris kedua.

mobil kijang innova

Sisi eksterior, tipe V dilengkapi dengan side spoiler, side body moulding, rear defogger, serta penambahan high mount stop lamp, membuat tipe termahal ini jadi lebih mewah.

Untuk V Luxury, penambahan terdapat pada spoiler bumper belakang dan emblem Luxury, yang menegaskan bahwa itu tipe tertinggi.