POPULAR STORIES

Toyota Konsepkan Kota Masa Depan Di Gunung Fuji

Toyota Konsepkan Kota Masa Depan di Gunung Fuji

KabarOto.com - Kota masa depan seluas 70 hektar dekat dengan Gunung Fuji, Jepang, tengah dipersiapkan Toyota dalam wujud konsep. Ditampilkan saat pembukaan CES 2020, (6/1).

Toyota menyatakan bahwa kota masa depan dijuluki Chiamata Woven City dengan memberikan ekosistem sepenuhnya memakai sumber tenaga hydrogen fuel cells.



Adanya kota ini diyakini dibuat bertujuan sebagai hunian warga serta para peneliti yang sedang mengembangkan teknologi seperti robotik, rumah pintar, hingga pengembangan mobilitas di masa depan, serta menyatukan kehidupan dengan kecerdasan lingkungan buatan.

"Membangun kota yang lengkap mulai dari awal, meski dalam skala kecil seperti ini, adalah peluang unik untuk mengembangkan teknologi masa depan, termasuk sistem operasi digital untuk infrastruktur kota," ujar Akio Toyoda, presiden Toyota Motor Corporation.

Dirinya menambahkan, "Adanya masyarakat, bangunan, serta kendaraan yang kesemuanya terhubung dan berkomunikasi satu sama lain melalui data dan sensor. kami akan dapat menguji kecerdasan buatan yang terhubung baik di dunia virtual dan fisik, memaksimalkan potensinya," kata Akio Toyoda, presiden Toyota Motor Corporation.

Memperwujudkan kota masa depan tersebut, Toyota akan mengajak para pengembang bisnis, ilmuwan dan peneliti untuk datang dan ikut bergabung untuk mengembangkan pada proyek ini.

Desain Woven City akan melibatkan para arsitek Denmark, Bjarke Ingels, para FOunder dan Creative Director, Bjarke Ingels Group (BIG).

Perencanaan kota ini disiapkan digunakan untuk tiga tipe pengendaraan yakni untuk kendaraan paling kencang, beragam kecepatan, dan digunakan pengguna personal mobility dan pejalan kaki.

Tiga tipe jalanan tersebut memiliki tanda tersendiri berupa pembatas organik untuk mempercepat pengetesan kendaraan otonom.



Kota ini dirancang dengan bangunan yang sebagian besar dari kayu untuk meminimalkan emisi karbon, menggunakan teknik petukangan Jepang dan dikombinasikan dengan metode produksi oleh robot. Atap rumah dilengkapi panel surya menyerap energi matahari sebagai sumber tenaga oleh bahan bakar hidrogen.

Toyota juga merencanakan serta menambahkan tanaman hidroponik dan tumbuhan vegetasi di sekitaran taman kota. [Filda/KC]