Toyota Mirai Varian Limited Dibekali Sistem Otonom Level 2

Toyota Mirai Varian Limited Dibekali Sistem Otonom Level 2 Toyota Mirai dengan bantuan mengemudi Teammate (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Memasuki tahun 2022, Toyota Mirai kini dilengkapi dengan sistem teknologi bantuan pengemudi Teammate, yang tersedia pada varian Limited dengan banderol Rp 942 jutaan.

Sistem Teammate ini memiliki dua fungsi yang dikenal sebagai Advanced Drive dan Advanced Park. Fungsi yang kedua menjadi standar pada Toyota Mirai varian Limited dan memungkinkan untuk parkir tanpa menaruh tangan di setir pada saat berakselerasi, mengerem, dan memindahkan persneling.

Sedangkan, untuk Advanced Drive merupakan opsi dengan biaya tambahan Rp 73 jutaan. Bantuan mengemudi ini memungkinan pengemudi melapaskan tangan dari setir saat melaju di jalan raya dalam kondisi tertentu.

Baca juga: Ekspor Otomotif Duduki Peringkat Ke-8, Ini Rincian Sumbangsih Toyota

Toyota mengklaim sistem mengemudi semi-otonom Level 2 ini dapat merencanakan dan menjalankan perintah akselerasi, pengereman, dan kemudi di bawah pengawasan aktif pengemudi. Selain itu, Toyota Mirai varian ini dapat mempertahankan posisi di dalam jalur, mengikuti kendaraan lain, mengubah jalur, menavigasi persimpangan dan kemacetan lalu lintas tertentu, dan menyalip kendaraan yang lebih lambat.

Alat bantu mengemudi ini adalah peta definisi tinggi yang digunakan untuk menentukan lokasi mobil. Lebih tepat daripada data GPS, peta memungkinkan model untuk mengetahui dengan tepat di jalur mana ia berada.

Setelah melaju di jalan raya yang kompatibel dan mengatur cruise control adaptif, sistem menampilkan pesan yang mengatakan "Advanced Drive Ready", kemudian anda dapat mengaktifkan mengemudi hands-free.

Baca juga: Toyota 2000GT Racikan Carroll Shelby Jadi Mobil Sport Jepang Termahal

Toyota Mirai 2022 ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion 1,24 kWh dan tiga tangki penyimpanan hidrogen yang diperkuat dengan serat karbon sehingga menghasilkan sel bahan bakar. Reaksi kimia terjadi ketika hidrogen digabungkan dengan oksigen sehingga menghasilkan listrik, dan air menjadi satu-satunya emisi.

Tenaga listrik yang dihasilkan kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di belakang dan menghasilkan tenaga 182 dk dan torsi 300 Nm. Di atas kertas, Toyota Mirai dapat melesat 0-100 kpj dalam waktu 9,2 detik, dengan jarak tempuh maksimal 647 km.