Toyota New Yaris TRD 2018 – Dogfight Menegangkan Dari Pembalap Wanita

Toyota New Yaris TRD 2018 – Dogfight Menegangkan dari Pembalap Wanita Yaris yang dikemudikan Alinka melesat meninggalkan pebalap senior (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Nama Alinka Hardianti seolah tak lepas dari dunia motorsport Indonesia. Dari slalom, speed off-road, drifting, dan balap touring. Belum lama ini perhelatan Indonesia Sentul Series of Motorsport seri pembuka 2018 diselenggarakan di Bogor, Jawa Barat (25/3/2018), dan seperti yang sobat KabarOto tahu, Alinka turut andil dalam balap tersebut bergabung dengan Toyota Team Indonesia (TTI).

Namun, ada yang beda dari sekadar seorang perempuan yang harus berkompetisi di balap yang didominasi kaum Adam tersebut. Di kelas kejurnas ITCC, New Yaris TRD lansiran 2018 yang belum lama launching tersebut terlibat duel sengit dengan Honda Jazz milik Alvin Bahar yang notabene pembalap senior di era 1980-1990an.

“Battle tadi seru banget, sempat start dari posisi 3 dan sempat kelempar di posisi 6-7 sebelum akhirnya masuk ke tikungan bertiga sama Alvin dan Demas. Kalau gue paksa masuk bareng bisa celaka bareng-bareng, akhirnya gue putusin mundur dulu dan sabar sampai lihat kesempatan dan berhasil overtake Alvin di lap terakhir,” buka Alinka saat diwawancarai KabarOto setelah balapan selesai (25/3/2018).

Baca Juga: Nissan Cefiro SV 1993 A31 – Livery Baru, Semangat Baru Untuk ‘Cefiro Amfibi’ !

Tak hanya wanita muda berbakat, namun TTI juga mempersiapkan mobilnya dengan baik. Seperti regulasi kelas ITCC yang ketat, maka selain tim yang memutar otak, menurut konfirmasi sang manajer tim, Fitra Dimitri, hanya beberapa part mesin yang diperbolehkan untuk disubstitusi dengan racing parts, seperti camshaft dari JUN dan piston dari TRD yang telah di-custom.

Untuk mengakomodir tenaga yang disalurkan dari mesin ke roda, kopling telah diganti dengan tipe racing dari TRD lengkap dengan LSD/ limited slip differential-nya. Untuk komputernya sudah menggunakan Link Engine Management untuk mengatur duty cycle mesin balap tersebut.

“So far, hanya butuh adaptasi dari saya dan mobilnya untuk berbagai kondisi. Contohnya seperti pas panas tiba-tiba sempat hujan sedikit tapi enggak jadi, rasanya beda banget kalau dibandingin dengan full lap dengan cuaca yang konstan,” curhatnya.

Semoga ini jadi pertanda baik untuk makin mendominasi kelas di seri depan, ya!

Spesifikasi:

Camshaft JUN
piston custom TRD
kopling TRD
LSD TRD
ECU Link
data logger AIM MXL
jok TRD
setir TRD
seatbelt Sparco
shockbreaker TRD by TEIN
brakepad Project Mu
pelek TRD 15 inci lebar 7 inci
ban GT Radial SX2 195/50/15