POPULAR STORIES

Toyota Prius Hybrid Ditarik Kembali Karena Pegangan Pintu Belakang

Toyota Prius Hybrid Ditarik Kembali Karena Pegangan Pintu Belakang Toyota Prius HEV diperkenalkan di GIIAS 2023 (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Sebanyak 135 ribu unit Toyota Prius Hybrid yang dipasarkan di Jepang ditarik kembali. Penerimaan pesanan baru untuk model tersebut ditangguhkan untuk sementara.

Melansir laman Reuters, penarikan kembali pada Toyota Prius Hybrid disebabkan oleh pegangan pintu belakang yang tiba-tiba bisa terbuka sendiri.

Berdasarkan pengajuan Kementerian Transportasi Jepang, Toyota Prius Hybrid yang ditarik kembali adalah produksi antara November 2022 hingga April 2024.

Baca Juga: Toyota Fortuner Hybrid Meluncur, Diklaim Lebih Irit Bahan Bakar

Toyota Prius HEV telah menggunakan teknologi hybrid generasi kelima

Kerugian Akibat Recall Toyota Prius Hybrid

Hingga saat ini, belum ada laporan kecelakaan yang disebabkan oleh kerusakan tersebut. Selain itu, belum ada informasi apakah Toyota Prius Hybrid yang dipasarkan di luar Jepang, terdampak pada penarikan kembali produk ini.

Sementara itu, salah seorang juru bicara Toyota menjelaskan bahwa jalur perakitan yang telah ditangguhkan karena pemeriksaan kualitas model Prius, akan melanjutkan produksi Toyota Corolla.

Tokai Rika Co selaku pemasok Toyota Prius mengungkapkan ada masalah sakelar di pintu belakang dan perusahaan diperkirakan akan mengeluarkan biaya sebesar 11 miliar yen, akibat kerusakan dan perbaikan Toyota Prius Hybrid.

Baca Juga: Toyota Camry 2025 Dijual Mulai Rp458 Jutaan, Simak Keunggulannya

Spesifikasi Toyota Prius Hybrid

Sebagai informasi, Toyota Prius HEV telah menggunakan teknologi hybrid generasi kelima, yang diklaim lebih irit bahan bakar. Teknologi hybrid ini tersedia untuk dua varian mesin, yakni 2.000 cc dan 1.800 cc.

Toyota Prius 2.000 cc mencapai peningkatan efisiensi bahan bakar sebesar 28,6 kpl dibandingkan model sebelumnya, sedangkan tenaganya menjadi 193 dk. Untuk Prius 1.800 cc konsumsi bahan bakarnya diklaim bisa mencapi 32,6 Kpl.