POPULAR STORIES

Toyota Yaris Kuasai Podium WRC Monte-Carlo 2020

Toyota Yaris Kuasai Podium WRC Monte-Carlo 2020 Penulis: Bagas

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing World Rally Team di seri pembuka Rallye Monte-Carlo World Rally Championship (WRC) 2020, (23-26/1), berhasil menyabet dua podium.

Walaupun tidak memenangkan lomba, tim naungan Tommi Mäkinen ini berpijak di podium 2 dan tiga. Diwakili oleh Sebastien Ogier/Julien Ingrassia dan Elfyn Evans/Scott Martin yang melesat menggunakan Toyota Yaris WRC.

Baca juga: Thierry Andalkan Hyundai i20 Coupe WRC Menangkan Seri Pembuka WRC 2020



Persaingan di garis finis sepanjang 16 stage memang terjadi antara Evans dan Ogier. Meskipun akhirnya Ogier yang berhak menjadi pengendara Yaris WRC tercepat ketimbang Evans.

"Sejujutnya saya merasa kecewa karena sempat mengira berpotensi memeangkan reli ini. Memang sangat sulit karena ketika memimpin start, harapannya bisa semakin cepat dan menang sesuai target," buka Evans.



Adapun Evans yang melesatkan Yaris WRC bernomor 33, mengakui terkendala dengan kesulitan mengembangkan kecepatan dan sulit untuk keluar cepat tikungan. Tapi dirinya mengakui seri perdana ini bukanlah awalan musim yang buruk.

Sementara itu, Ogier yang membesut Yaris WRC bernomor 17 mengatakan balapan kali ini sangat positif dan bisa menjadi semangat tim. "Saya mencoba tetap di zona aman sepanjang pekan, meski tidak selalu. Kita hanya meleset sedikit dengan raih 22 poin dan ini sangat bagus untuk kejuaraan."



Adapun Kalle Rovanpera sebagai salah satu pembesut Toyota Yaris WRC hanya bisa finis posisi lima dengan tepaut 4 menit 17,2 detik dari pemenang lomba yakni Thierry Neuville yang andalkan Hyundai i20 Coupe WRC.

Berhasil menguasai podium 2 dan 3 membuat Makinen tetap menyayangkan kehilangan momentum kemenangan. "Kita selalu belajar dan apalagi para pereli kurang mantap merasakan mobil yang dikendarai Minggu pagi."



"Kita melakukan ubahan kemudian dan setelah menemukan setelan pas, melaju terus kencang hingga akhir reli. Kita bersaing di tingkatan yang sangat tinggi dan ini penuh persaingan. Hasil keseluruhan sangat luar biasa bagi kami di seri pembuka bersama pereli baru kami: tak sekadar Sebastien dan Elfyn yang raih podium, tapijuga Kalle yang finis di posisi lima di reli pertamanya. Tentunya ini sangat menjanjikan di masa depan," beber Makinen.

Pemenang Rallye Monte-Carlo 2020
1 Thierry Neuville / Nicolas Gilsoul (Hyundai i20 Coupe WRC) 3jam 10:57,6 detik
2 Sébastien Ogier / Julien Ingrassia (Toyota Yaris WRC) +12,6 detik
3 Elfyn Evans / Scott Martin (Toyota Yaris WRC) +14,3 detik
4 Esapekka Lappi / Janne Ferm (Ford Fiesta WRC) +3:09 detik
5 Kalle Rovanperä / Jonne Halttunen (Toyota Yaris WRC) +4:17,2 detik
6 Sébastien Loeb / Daniel Elena (Hyundai i20 Coupe WRC) +5:04,7 detik
7 Takamoto Katsuta / Daniel Barritt (Toyota Yaris WRC) +11:27,9 detik
8 Eric Camilli / François-Xavier Buresi (Citroën C3 R5) +13:42,2 detik
9 Mads Østberg / Torstein Eriksen (Citroën C3 R5) +14:21,8 detik
10 Nicolas Ciamin / Yannick Roche (Citroën C3 R5) +15:04 detik