Trik Kaca Mobil Tetap Jernih Meski Berkendara di Bawah Guyuran Hujan

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 11 Feb 2018 - 16:12
Trik Kaca Mobil Tetap Jernih Meski Berkendara di Bawah Guyuran Hujan
Trik membersihkan kaca di musim penghujan (kabarOto)

KabarOto.com - Februari hingga Maret 2018 merupakan puncak musim hujan ekstrem seperti perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Situasi itu membuat kita harus ekstra hati-hati, khususnya bagi pengendara roda empat yang memiliki keterbatasan penglihatan saat berkendara di tengah guyuran hujan deras.

Masalah itu bisa diatasi sehingga kaca mobil tetap jernih dan memaksimalkan kerja wiper. Terlebih lagi terjangan air hujan serta cipratan air dari jalan, acap meninggalkan kotoran dan membekas pada kaca.

Melansir situs resmi Daihatsu, ternyata ada tips agar kaca mobil mampu menahan air layaknya daun talas. Peralatan yang dibutuhkan pun cukup sederhana, yakni kain lap bersih dan rubbing compound.

Baca Juga: Cina Uji Tabrak Wuling Cortez, Dapat Nilai Tertinggi

Langkah pertama adalah membersihkan kaca depan mobil sampai semua debu dan kotoran terangkat. Selanjutnya, baluri rubbing compound pada kaca mobil secara merata. Rubbing compound biasanya mengandung wax yang sifatnya kedap air dan mudah didapatkan.

Setelah beberapa lama, bersihkan rubbing compound menggunakan lap kering dengan cara sedikit ditekan hingga pasta compound bersih pada permukaan kaca. Hasilnya, kaca mobil akan jernih meski terkena air hujan sekalipun.

Kaca Bagian Dalam Berembun

Masalah lain, terkadang kaca mobil bagian dalam mengembun meski mobil dilengkapi wiper untuk menghalau terpaan air hujan. Hal ini terjadi karena perbedaan suhu udara dalam kabin dan di luar kabin.

Suhu di dalam kabin lebih panas dibanding suhu udara di luar. Akibatnya, terjadi pengembunan di kaca bagian dalam sehingga mengganggu penglihatan pengemudi. Untuk mengatasinya, samakan suhu udara di luar dengan suhu dalam kabin dengan cara menyalakan AC.

Editor : ballian