POPULAR STORIES

Truk Fuso Untuk Sektor Tambang Tampil Gagah Di GIIAS 2021

Truk Fuso untuk Sektor Tambang Tampil Gagah di GIIAS 2021 Mitsubishi Fuso Fighter F62FR Heavy Duty

KabarOto.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 tak hanya memamerkan kendaraan penumpang dan sepeda motor, segmen niaga pun melantai di pameran terbesar Asia Tenggara ini.

Salah satu yang ikut serta adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC). Mereka membawa truk bernama Fighter F62FR Heavy Duty.

Baca juga: GIIAS 2021, Mitsubishi Fuso Sampaikan Pencapaiannya Sebagai Pemimpin Pasar

Mobil ini dipasangkan 'Mining Spec' pada bodinya. Sesuai dengan namanya, tentu ditujukan untuk sektor pertambangan (mining). Naoya 'Rocky' Takai, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan OEM Power Take Off (PTO), Radiator Guard dan Rotary Lamp yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan di industri pertambangan.

Power take-off (PTO) sendiri merupakan metode untuk mengambil sejumlah daya dari mesin yang sedang berjalan. Selanjutnya mengirimkan ke perangkat lain yang terhubung. PTO biasanya diaktifkan dengan sakelar, tombol, atau tuas. Misalnya untuk bak truk pembuangan, derek di atas truk, ember ekskavator atau pisau buldoser.

Dengan kendaraan Mining Spec, Mitsubishi Fuso menyatakan siap menyambut era Euro4 pada 2022 nanti. Menggunakan mesin 6M60 bertenaga 266 daya kuda menggunakan common rail yang lebih efeisien dan ramah lingkungan. Kabinnya, dirancang dengan konsep yang rigid, nyaman untuk pengemudi.

Selain itu, ruang kabin luas, luas dengan jarak air suspension pada kursi pengemudi. Posisi jok dapat diatur jarak dan kemiringan. Sudut serta tinggi rendah setir bisa juga bisa diatur.

Interior yang diklaim nyaman

Sasisnya tebal tanpa sambungan, dengan posisi rivet di samping, sehingga meningkatkan daya tahan dan mempermudah pemasangan body. Kabin jungkit dengan sudut bukaan dllebar 67 derajat dinilai efektir untuk sektor tambang. Selain itu, untuk penerangan cornering lamp dipasangkan untuk memudahkan saat berbelok di jalan gelap. .

Didukung dengan Dengan DNA yang kuat, peningkatan spesifikasi, dan serta mesin berteknologi commonrail tadi, KTB yakin truk buatannya bisa diterima di pasar Indonesia. Tak hanya memperkenalkan Mining Spec, Mitsubishi Fuso juga melakukan perubahan digitalisasi.

Baca juga: Fuso Mobile Workshop Service Untuk Pelanggan Setia KTB

Di antaranya merilis aplikasi pembaruan sistem runner. Runner merupakan alat yang berfungsi mengelola armada dengan dilengkapi GPS dan Engine Starter Kill. Menggunakan alat ini, manajemen pemantauan lokasi dan kondisi truk bisa dilakukan. Pemantauan yang dimaksud meliputi, pengecekkan jumlah bahan bakar, dalam tangki hingga tekanan ban.