POPULAR STORIES

TVS Creon, Skuter Listrik Pintar Hadir Di Auto Expo

TVS Creon, Skuter Listrik Pintar Hadir di Auto Expo TVS Creon, prototype motor listrik pintar (India.com)

KabarOto.com - Seperti tidak mau kalah dengan produsen roda dua papan atas, pabrikan asal India, TVS turut meramaikan ajang Auto Expo 2018 yang berlangsung di negaranya. TVS menghadirkan sebuah prototipe skuter listrik pintar, dengan nama Creon.

Baca Juga: Motrac Kembali Hadirkan 2 Varian Motor Gede

Skuter bertenaga listrik ini memiliki segudang fitur canggih, dan menariknya, motor yang digerakan oleh tiga baterai Li-ion 12 kw ini memiliki sistem reverse park assist, yang bisa membuat Creon mundur secara perlahan, dimana tidak dimiliki oleh kendaraan listrik lainnya.

kabarOto

Dengan penggunaan sasis bertipe twinspar layaknya motor sport. TVS membekali Creon dengan rangka ringan berbasis alumunium kaku, yang menghasilkan handling yang baik ketika digunakan.

Meski masih berbentuk prototipe, Creon mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,7 dk. Dengan menggunakan 3 baterai Li-ion 12 kW yang mampu menempuh 80 km dalam sekali full-charge.

Sistem pengisiannya pun tidak rumit, karena dapat dilakukan di rumah dengan waktu tidak terlalu lama hanya 4 jam agar terisi dengan sempurna.

kabarOto

Untuk mencapai kecepatan 60 kpj dari diam, hanya membutuhkan waktu 5,1 detik saja. Kecepatan maksimal yang bisa ditembus pun tak tanggung-tanggung, yaitu 115 kpj. TVS juga menyematkan 3 mode berkendara yaitu Track, Sport, dan City untuk memberikan kenyamanan pengendara.

Secara fisik, Creon memiliki bodi futuristik meski terlihat bongsor. Dengan penyematan fitur-fitur canggih dan sistem pengamanan yang baik, seperti penggunaan rem depan dan belakang yang didukung sistem ABS single channel.

kabarOto

Selain itu, TVS juga memasangkan dasbor TFT berteknologi tinggi dengan GPS dalam TVS App yang terkoneksi dengan smartphone pemiliknya. Dari panel digital tersebut, pemiliknya juga bisa mengetahui kapasitas baterai layaknya indikator bensin, ditambah penggunaan lampu LED demi kenyamanan berkendara di malam hari.

Penampilannya dalam ajang Auto Expo 2018, purwarupa TVS Creon menjadi pusat perhatian para pengunjung pameran, dan mampu meraih 2 penghargaan sekaligus, yaitu Best Concept Two-wheeler dan Best of The Show Two-Wheeler.