Uji Emisi Gas Buang Bikin Irit BBM, Mitos Atau Fakta?

Uji Emisi Gas Buang Bikin Irit BBM, Mitos atau Fakta? Uji emisi gas buang (Foto: Auto2000)

KabarOto.com - Mobil yang irit bahan bakar menjadi favorit untuk meringankan biaya operasional. Namun, banyak yang salah kaprah dengan melakukan modifikasi pada mobil untuk menekan konsumsi bahan bakar.

Padahal, langkah ini bisa berpotensi membuat komponen mobil, khususnya mesin mengalami gangguan, menurunkan daya tahan kendaraan, dan risiko hilangnya garansi mobil.

Sebenarnya ada cara yang lebih aman dalam membantu mengefisiensi konsumsi bahan bakar. Salah satunya menerapkan prinsip mengemudi eco driving dan uji emisi gas buang kendaraan.

Baca Juga : Tak Hanya Servis Gratis, Yamaha Beri Tips Tangani Motor Terendam Banjir

Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuan uji emisi diantaranya adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar mobil. Semakin efisien mesin tentu akan mengurangi konsumsi BBM.

Pengecekan data uji emisi

“Uji emisi berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan karena emisi gas buang selalu berada di bawah ambang batas yang ditetapkan,"ulas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Jika kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan, data tersebut merupakan indikator adanya komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa untuk dicarikan solusinya, seperti mengatur setelan mesin atau mengganti komponen dengan yang baru.

Baca Juga : Tips Menjaga Performa Mobil Bermesin Diesel Standar Euro4

Meskipun tidak ada kerusakan, tahapan uji emisi memastikan mesin selalu dalam kondisi prima guna mencapai tingkat efisiensi terbaik. Uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar yang dimanfaatkan sudah sesuai, dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin agar dapat bekerja optimal. Dengan mengetahui kinerja terbaik mesin, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan menguntungkan lantaran mesin tidak haus bensin.

Karena sudah merupakan bagian dari tahapan servis berkala, Auto2000 tidak memungut biaya uji emisi gas buang alias gratis. Tapi, jika pemilik ingin melakukannya secara mandiri tanpa servis berkala, ada biaya sebesar Rp 162.000 termasuk PPN, di luar biaya jasa dan spare parts jika tidak lulus uji emisi karena terindikasi ada kerusakan pada komponen mesin.