POPULAR STORIES

Tak Hanya Servis Gratis, Yamaha Beri Tips Tangani Motor Terendam Banjir

Tak Hanya Servis Gratis, Yamaha Beri Tips Tangani Motor Terendam Banjir YIMM

KabarOto.com - Banjir rob atau akibat air pasang kembali melanda Semarang dan kota-kota lainnya di sepanjang Pantai Utara Jawa Tengah. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun korban material jelas tak terhitung, termasuk sepeda motor yang harus terendam akibat banjir rob.

“Kami turut prihatin kepada semua masyarakat yang terdampak banjir rob. Dan sebagai salah satu kepedulian dari kami, Yamaha DDS 3 Semarang memberikan servis dan penggantian oli gratis kepada konsumen Yamaha,” jelas Tri Cahyo Pramono selaku Koordinator Service Yamaha DDS 3 Semarang.

Baca juga: Musim Hujan Dan Banjir, Pahami Serba-serbi Rack Steer Agar Kaki-kaki Mobil Tetap Prima

Ia menambahkan, tidak hanya merek Yamaha saja, tetapi semua sepeda motor pun klaimnya dibantu. Selain memberikan servis gratis dan melakukan pengecekan, pihaknya juga memberikan tips atau perawatan sepeda motor setelah terendam banjir.

Cuci sepeda motor dengan air bersih dengan sabun. Hal ini untuk mengindari korosi atau karat akibat air laut yang bersifat korosif.

Jangan langsung menghidupkan main switch atau kunci kontak. Pastikan jalur kabel atau rumah sekring kering dan bersih dari air, kotoran atau karat.

Penggantian oli mesin dan oli gardan dilakukan setelah terkontaminasi dengan air, jika perlu lakukan overhaul mesin untuk membersihkan bagian dalam mesin. Periksa Saringan Udara, cek filter udara, dan jika memang terendam ganti filter udara dengan yang baru.

Periksa Busi dan Tutup Busi, ganti busi dan pastikan tutup busi sudah kering sehingga mencegah kebocoran pengapian.

Jangan langsung menghidupkan mesin, pastikan sudah tidak ada air di dalam mesin. Hal terburuk yang terjadi adalah water hammer yang dapat merusak mesin.

Tri menjelaskan bahwa garansi akan berlaku apabila bukan kesalahan pemakaian, bencana alam dan karena faktor kecelakaan. Selain itu, tidak ada modifikasi pada bagian atau yang berhubungan dengan part yang akan diklaim.

“Jelas garansi akan berlaku apabila menggunakan part asli dan oli sesuai spesifikasi,” tutup Tri.