POPULAR STORIES

Uji Tabrak Volkswagen ID.4 Diganjar Bintang 5

Uji Tabrak Volkswagen ID.4 Diganjar Bintang 5

KabarOto.com – Volkswagen ID.4 baru-baru mendapat nilai sempurna pada tes uji tabrak yang dilakukan oleh EuroNCAP. Mobil listrik pemenang World Car of The Year 2021 ini meraih bintang 5 dalam fitur keselamatannya.

Seperti biasanya, pengujian dilakukan seperti mensimulasikan kejadian saat kecelakaan di jalan raya sungguhan. Kecepatan rata-rata saat pengujian dibatasi sekitar 32 hingga 60 kpj, sesuai rekayasa yang dilakukan.

Baca Juga : Sejarah Logo Ferrari Di Pesawat Tempur Hingga Formula 1

Untuk pengujian depan, digambarkan tabrakan terjadi di bagian depan secara penuh dan setengah bagian. Airbag berhasil terbuka sempurna pada dua bagian penumpang depan, serta airbag samping pun turut bekerja baik.

Tabrakan dari sisi samping, airbag samping terbuka dengan baik melindungi penumpang agar tidak terlempar keluar ataupun pecahan kaca mengenai tubuh penumpang. Serta ada juga airbag tengah antara penumpang depan, tujuannya agar tidak ada kontak fisik yang memungkinkan resiko cidera.

Sementara itu, desain sandaran kepala di jok juga memberikan tumpuan sempurna agar tidak terjadi cidera leher. Serta bagian depan mobil dibuat cukup lunak apabila tertabrak oleh pejalan kaki, sehingga kemungkinan cidera parah bisa terhindarkan.

Baca Juga : Aksesori Orisinal Full Karbon Lamborghini Urus

Selain out fitur keselamatan seperti sistem pengereman, sensor pengereman otomatis, serta line departure warning atau lane keeping assist mampu berfungsi baik. Oleh karena itu, fitur keselamatannya mendapat nilai 85%. Sementara untuk keselamatan penumpang dewasa meraih 93%, penumpang anak-anak 89%, dan pengguna jalan lain 76%.