POPULAR STORIES

Underpass Kentungan Dimulai, Ada Wacana Dua Simpang Lagu Yang Akan Dibangun

Underpass Kentungan Dimulai, Ada Wacana Dua Simpang Lagu yang Akan Dibangun Underpass mulai dikerjakan (14/1), kendaraan harus lalui jalan alternatif

KabarOto.com - Proyek underpass Kentungan sudah dimulai pada 14 Januari kemarin, pengalihan arus lalu intas juga telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu di beberapa titik.

"Pihak kepolisian akan terus berkoordinasi, manakala ada beberapa ruas jalan yang sekiranya bisa disiasati dan bisa dilewati kendaraan supaya mengurangi beban volume arus lalu lintas di seputaran simpang empat Kentungan," kata AKBP P. Yugonarko.

Baca Juga: Proyek Underpass Kentungan Siap Dilaksanakan, Ini Zona Pengalihan Arusnya!

Untuk semua simpang yang mengalami dampak dari pembangunan underpass juga akan terus dipantau, dan siklusnya akan disesuaikan supaya tidak terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang.

Seperti yang diketahui proses pembangunannya diperkirakan memakan waktu hampir satu tahun, yang akan selesai diakhir 2019.

Rencananya, Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan dua persimpangan padat lainnya di Yogyakarta akan segera ditata. Tutur Bagas selaku Kepala Seksi Managemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan DIY menjelaskan, "Jika underpass disimpang Kentungan sudah operasional maka dilanjutkan dengan (pembangunan) di Simpang Condong Catur dan Pelem Gurih."

underpass

Pemilihan lokasi berdasarkan tingkat keramaiannya, karena kedua simpang itu dirasa sudah terlalu padat. Bahkan tingkat kemacetan sudah cukup parah. Saat musim liburan antrian kendaraan mengunci hingga simpang empat gamping.

"Sehingga jajaran kepolisian sering melakukan pengaturan manual. Yang tadinya kendaraan berhenti diatas jembatan kita undurkan. Karena pas diatas jembatan, ada beban statis, bahaya. Kita undurkan, tapi terjadi kemacetan sampai ngunci di simpang gamping. Maka akhirnya oleh jajaran Kepolisian diajukan, dengan cara manual," imbuh Bagas.

Rencananya, jalan layang yang diusulkan di kecamatan Gamping ini rencananya akan dibangun membujur dari utara-selatan diatas ring road barat. Jalan ini sengaja diprioritaskan untuk kendaraan yang datang dari/dan menuju bandara New Yogyakarta Airport Internasional (NYIA), yang lokasinya di Kulonprogo.