Unik, Indonesia Diecast Expo 2018 Bakal Sulap Mobil Mainan Jadi Beneran

Unik, Indonesia Diecast Expo 2018 Bakal Sulap Mobil Mainan Jadi Beneran Unik, Indonesia Diecast Expo 2018 Bakal Sulap Mobil Mainan Jadi Beneran (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Ada yang istimewa pada gelaran kelima kompetisi Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 kali ini. Pihak penyelenggara bakal menyulap modifikasi die cast Honda Civic Type R jadi wujud nyata, dari skala 1:64 ke 1:1.

Demi mewujudkan ambisi itu, Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 telah bekerja sama dengan IMX (Indonesia Modification Expo) yang akan bertempat di ICE BSD Tangerang pada 3-4 November 2018. Kompetisi diecast kali ini akan dibagi menjadi dua kelas yaitu, Civic Type R dan Pro.

Penilaian akan ditentukan oleh tiga juri dari IMX, modifikator mobil dan IDE, untuk mencari juara terbaik. Nantinya, Diecast Civic Type R yang juara akan diumumkan di IMX, sekaligus unveiling versi mobil nyatanya. Para pemenang juga akan diganjar hadiah seperti head unit, ban dan tool kit untuk mobil asli.

Tantangan terbesar acara ini adalah waktu. Pasalnya, penyelenggaraan IMX dilakukan pada 17-18 November 2018, berselang dua minggu dari IDE. Jadi, proses modifikasi Civic Type R versi nyata harus cepat dilakukan.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Sentul Drag Race 2018 Seri III

Baca Juga: NMAA Siap Gelar Indonesia Modification Expo 2018 November 2018

Supaya semua itu dapat terlaksana dengan baik, IMX dan IDE membuat peraturan khusus untuk para peserta kompetisi. Misal modifikasi tidak boleh ekstrem (bolt on). Peserta hanya boleh menambahkan beberapa komponen dan eksplorasi di pewarnaan dan grafis.

"Ini istimewa dari miniatur ke real. Buat teman-teman diecaster tentu jadi satu kebanggaan sendiri. Setahu saya kegiatan seperti ini di Indonesia baru pertama kali ada," ungkap Arya Lembana, Penyelenggara IDE di Jakarta, Rabu (12/09).

Baca Juga: Tim NMAA Mengunjungi J’S Racing Di Osaka Jepang

Penyelenggara IMX, Andre Mulyadi, yakin kegiatan unik ini bisa berlangsung sukses meski waktunya mepet. Hanya saja, dia mewanti-wanti, pengunjung jangan terlalu berharap soal kemiripan diecast dengan versi nyata. Terlebih IMX hanya mengaplikasikan kesamaan modifikasi dari tema eksterior saja.

"Kalau pelek kita enggak ganti. Interior juga tidak. Decal sama add on (tambahan bodi kit) yang bakal diwujudkan dengan tema yang sama seperti versi diecast," pungkas Andre.