POPULAR STORIES

Universitas Brawijaya Berkompetisi Di Ajang Shell Eco-marathon 2022

Universitas Brawijaya Berkompetisi di Ajang Shell Eco-marathon 2022 Tim Apatte Elang Perkasa dari Universitas Brawijaya (Foto: Shell Indonesia)

KabarOto.com - Tim Apatte Elang Perkasa dari Universitas Brawijaya, mengirim 2 tim dalam kompetisi mobil hemat energi berskala internasional, Shell Eco-marathon 2022.

Event ini akan diselenggarakan pada 11-15 Oktober 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Mereka akan tampilkan mobil bernama Anagata FCV, dikembangkan menggunakan hidrogen, dan diharapkan bakal menjadi bahan bakar masa depan.

Baca Juga : Gaikindo Ingin Pemerintah Tingkatkan Insentif Untuk Mobil Listrik

“Di kompetisi ini, kami akan mengikutsertakan mobil hasil riset terbaru kami, yaitu prototype fuel-cell hydrogen,” kata Heaven Josiah Harvan, Team Manager Apatte Elang Perkasa 2.

Team Manager Apatte Elang Perkasa 2

Lebih lanjut, Tim Apatte Elang Perkasa 2 juga akan bertanding dalam kategori prototype, mengembangkan teknologi yang mengedepankan aspek keberlanjutan dalam desain dan spare part kendaraan.Selain itu, mereka juga menggunakan chasis berbahan karbon fiber, membuat berat kendaraan hanya 54 kilogram saja.

Baca Juga : Menperin Tegaskan Electric Mobility Bukan Sekadar Memproduksi Kendaraan Listrik

“Walaupun ini menjadi yang pertama, kami berkompetisi di kelas ini, kami akan berusaha semaksimal mungkin menampilkan performa terbaik kami,” tambah pria yang juga mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya ini.

Dalam kategori UrbanConcept, Tim Apatte Elang Perkasa 1 akan mengirim kendaraan yang diberi nama Marsela EV. Kendaraan ini ditenagai baterai listrik dengan menggunakan baterai Lithium Ion dan chasis berbahan aluminium.

Sementara itu, berdasarkan hasil terbaik test drive pada Shell Eco-marathon Asia sebelumnya, kendaraan Marsela EV mampu mencatatkan rekor hingga 149,49 km/Kwh.