POPULAR STORIES

Unjuk Gigi Di Jepang, Intip Spesifikasi Mitsubishi Evolution Batik Indonesia

Unjuk Gigi di Jepang, Intip Spesifikasi Mitsubishi Evolution Batik Indonesia Mitsubishi Evolution Batik Indonesia yang Unjuk Gigi di Jepang (Kipli/ IMX/ NMAA)

KabarOto.com - Mewakili industri modifikasi dan aftermarket Indonesia, Saber Great of Indonesia turut membawa mobil modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution IX MR, besutan car builder Saber Industries. Intip speaifikasinya.

Peraih gelar ‘The Ultimate’ NMAA Top 50 dalam gelaran OLX IMX 2022 ini telah lulus kurasi dan penilaian oleh kurator modifikasi internasional. Menjadi bukti konkret, bahwa kreativitas dan inovasi industri modifikasi Indonesia semakin diakui di kancah global.

Partisipasi dalam campaign Saber Great of Indonesia merupakan upaya mengenalkan potensi industri modifikasi aftermarket Indonesia lebih luas. "Selain menampilkan karya anak bangsa, juga mengakselerasi pertumbuhan industri modifikasi skala UMKM,” terang CEO Saber Industries, Vincent C. Mergonoto.

Baca Juga: Modifikasi Ducati Monster 1100 Evo Ini Bikin Tampilan Makin Gagah

Bodi generasi ke-9 sedan sport Lancer Evo tersebut mendapat imbuhan grafis visual dari seniman Kustom Paint, Free Flow. Grafis bertema "Colorful Indonesia" ini menghadirkan desain batik Hokokai, yang diaplikasikan melalui teknik hand painting dan canting batik.

Imbuhan grafis batik Hokokai punya irisan sejarah yang lekat dengan akulturasi budaya Indonesia dan Jepang. "Konsep racing Mitsubishi Lancer Evo IX MR semakin kontras oleh balutan budaya lokal berkat striping bermotif batik Hokokai yang merepresentasi budaya khas Indonesia,” jelas Mochamad Syamsul Fahmi punggawa Free Flow Kustom.

Batik Hokokai atau disebut Djawa Hokokai pertama kali muncul di zaman penjajahan Jepang (1942-1945). Motif dan warna batik Hokokai menunjukkan kental dengan akulturasi budaya Jepang dan Indonesia.

Sektor modifikasi lainnya paling menonjol, terlihat dari body kit Varis Solid Joker dengan sejumlah part carbon fiber di sejumlah bagian, dan kap mesin besutan Voltex.

Sebagai maskot yang mewakili produk lampu aftermarket Saber Industries, unsur atraktif di bagian depan mengekspos kombinasi custom slim frame DRL, turn signal signal, dengan dua buah projector Biled Laser SR900 Ultima. Detail set up lampu ini terletak pada penambahan custom illuminated Saber Logo.

Baca Juga: Mitsubishi Evolution CT9A 'Evo Joker' Tembus 9,7 Detik Di Trek 402 Meter

Agar tampilannya tetap fresh tanpa menghilangkan kesan JDM Street Racing, pemilihan skema warna biru di sekujur tubuhnya tampil kontras berpadu pelek Regamaster Evo, yang dijahit ban Advan Neova pada keempat roda. Setup kaki-kaki mendapat pasokan coilover Aragosta.

Mesin 4 silinder segaris berkapasitas 2.000 cc dengan kode 4G63 berbekal turbocharger menerima serangkaian peningkatan dari beragam produk aftermarket.

Peningkatan kubikasi mesin menjadi 2.300 cc berkat ubahan stroker kit HKS stage 2. Ubahan ini diikuti pemasangan King Bearing, ATI Damper, ACL Oil Pump, Water Pump dan ARP Main stud.

Berlanjut ke bagian head, didukung sejumlah part seperti GSC R2 Camshaft, GSC Behave Valve Spring, HKS Cam Gear, HKS Timing Belt, ARP Head Stud, hingga HKS packing head hingga proses porting polish dan aplikasi knalpot Fujitsubo.

Peranti doping performa diolah melalui turbocharger HKS GTIII 4R GT35, dilanjut Tial Wastegate, Greddy Boost Controller, HKS Blow off dan Wagner tuning Intercooler. Keren!