POPULAR STORIES

Urai Kemacetan, Underpass Kentungan Akan Rampung Akhir Tahun 2019

Urai Kemacetan, Underpass Kentungan Akan Rampung Akhir Tahun 2019 Ilustrasi Underpass (ist)

KabarOto.com - Pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, saat ini tengah menyelesaikan pembangunan underpass Kentungan, yang berada di simpang empat Jalan Kaliurang-Ringroad Utara, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Pembangunan underpass sepanjang 900 meter tersebut, bertujuan untuk mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari empat arah antara Jalan Kaliurang dengan Jalan Padjajaran.

Baca Juga: Mulai Tanggal 9 Agustus 2019, Tol Pandaan-Malang Tak Lagi Gratis

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VII, Akhmad Cahyadi mengatakan, lalu lintas pada jam sibuk di lokasi tersebut sudah semakin padat. Untuk menempuh jarak 3 km saja dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dan kerap terjadi antrean mencapai 400-600 meter.

Ditargetkan Desember 2019 akan rampung

Terselesaikannya underpass Kentungan diharapkan akan memangkas waktu sekitar 20 menit. "Saat ini progres pekerjaan mencapai 59%. Kami optimis underpass ini dapat selesai pada Desember 2019," kata Akhmad dalam keterangan resminya.

Underpass ini terdiri dari 2 lajur, yang terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 224 meter, jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 386 meter dan 288 meter.

Diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas

Baca Juga: Test Ride - Asyiknya BMW G310R Ke Mega Mendung

Untuk meningkatkan keamanan pengguna jalan dan meminimalisir kecelakaan kerja, BBPJN VII juga telah melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi proyek dengan memperketat larangan kendaraan berat melintas dan membatasi lalu lintas menjadi satu lajur.

"Sebelumnya underpass (Kentungan) dilewati dua lajur lalu lintas, sekarang hanya satu lajur saja sehingga kendaraannya lebih jauh dari galian,” jelas Akhmad Cahyadi. Selain memperlancar arus lalu lintas, kehadiran underpass Kentungan ini diharapkan dapat memperlancar akses menuju kawasan wisata Kaliurang.

Berita Terkait

Berita Terkait