POPULAR STORIES

Usai Berjalan Ribuan Kilo, Blits Dan Kasuari Tiba Di Jakarta Untuk Isi Baterai

Usai Berjalan Ribuan Kilo, Blits dan Kasuari Tiba di Jakarta untuk Isi Baterai Mobil listrik Blits

KabarOto.com - Blits dan Kasuari, mobil listrik hasil kerja sama PT PLN (Persero) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Budi Luhur, tiba di PLN UID Jakarta Raya pada Jumat (9/11) untuk melakukan pengisian baterai menggunakan SPLU. Pengisian ini untuk dapat kembali melakukan perjalanan keliling nusantara dengan total jarak sekitar 15.000 km.

Baca Juga: Menperin: Mobil Listrik Lebih Hemat 80 Persen

Blits dan Kasuari awalnya dipersiapkan untuk mengikuti Reli Dakar dalam kurun waktu 7 sampai 8 bulan. Blits merupakan mobil listrik yang secara khusus didesain untuk balap dengan kapasitas dua orang.

Daya tempuhnya mencapai 500 kilometer dalam sekali pengisian daya baterai 100 kWh dengan menggunakan motor berkapasitas energi 50 kiloWatt. Kasuari sendiri merupakan mobil hybrid dengan komposisi 50% tenaga listrik dan 50% tenaga diesel berbahan bakar Crude Palm Oil (CPO).

Kasuari, mobil listrik Karya anak bangsa di Kantor PLN Disjaya.

Blits dan Kasuari melakukan pengisian baterai dengan menggunakan fasilitas Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang disediakan di lahan parkir khusus kendaraan listrik PLN UID Jakarta Raya. Hal ini membuktikan bahwa SPLU dinyatakan telah siap sebagai infrastruktur pengisian energi listrik untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik.

Baca Juga: Kia Bikin Atap Mobil Bisa Mengisi Listrik

Haryanto WS, Direktur PLN Regional Jawa Bagian Barat mengatakan, PLN mendukung penuh pengembangan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya melalui Blits hasil karya dari mahasiswa ITS. "PLN juga telah menyediakan SPLU untuk charging station sebagai bentuk dukungan kesiapan menyongsong era kendaraan listrik," jelasnya.