POPULAR STORIES

Usai MotoGP Prancis 2023, Alex Marquez Mendapatkan Hukuman

Usai MotoGP Prancis 2023, Alex Marquez Mendapatkan Hukuman Alex Marquez (foto : MotoGP & Gresini Racing)

KabarOto.com – Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez mendapatkan hukuman setelah insiden lap pertama MotoGP Prancis, Minggu (14/05/2023) lalu.

Alex Marquez mengalami awal yang sulit dalam kariernya di MotoGP ketika balapan di Circuit Bugatti, Le Mans. Ia tidak dapat menyelesaikan balapan setelah bersenggolan dengan Luca Marini (Mooney VR46).

Baca Juga : Hasil MotoGP Prancis 2023 : Marco Bezzecchi Raih Kemenangan Balapan Ke-1000

Sebelumnya, Alex terlibat kontak dengan Brad Binder (Red Bull KTM) di Tikungan 6. Sehingga menyebabkan Binder melebar dan mundur ke bagian belakang. Setelah balapan selesai, pihak Race Direction (RD) melakukan investigasi.

Insiden antara Alex Marquez dan Luca Marini

Dari hasil penyelidikan, Alex Marquez diganjar hukuman mundur tiga grid untuk balapan berikutnya, dan tidak secara khusus untuk seri berikutnya, yaitu MotoGP Italia pada 11 Juni mendatang. Alasan pihak FIM Stewards adalah, adik Marc Marquez itu terlalu ambisius saat melewati Tikungan 6.

Baca Juga : Jika Yamaha Tak Berkembang, Quartararo Akan Pindah Ke Pabrikan Lain

“Selama MotoGP Prancis, Alex Marquez terlihat di tikungan 6 terlalu ambisius, mengakibatkan manuver dengan pembalap Brad Binder, yang juga mempengaruhi Johann Zarco," ungkap Race Direction dalam keterangan resminya.

Menurut mereka ini bertentangan dengan alasan khusus yang diberikan kepada para pesaing dan tim MotoGP, dan dianggap sebagai cara berkedara yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Alex telah melakukan pelanggaran pasal 1.21.2.

Pihak Race Direction juga menambahkan, pinalti ini grid tiga posisi ini untuk balapan berikutnya yang diikuti. Artinya, hukuman ini akan berlaku pada GP Italia, kecuali jika pembalap tidak berpartisipasi dalam balapan ini dengan alasan apa pun yang terkait.

Sebagai tambahan, tim Gresini mengajukan klaim terhadap pinalti ini, tetapi dengan tidak memberikan bukti baru. Alhasil, pihak FIM Stewards menolak klaim tersebut.