Usai Tempuh 5000 Kilometer, Blits Bakal Dirombak Ulang

Usai Tempuh 5000 Kilometer, Blits Bakal Dirombak Ulang Foto: Dok. Blits

KabarOto.com - Kendaraan BLITS, yang merupakan rancangan hasil kolaborasi tim Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Surabaya telah menuntaskan sesi uji coba.

Uji coba mobil yang akan diturunkan di reli Dakar itu dilakukan dengan menempuh perjalanan sejauh sekitar 5.000 km, dari Surabaya hingga ke Sabang, Aceh.

Menurut Kasih Hanggoro, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti yang menaungi Universitas Budi Luhur (UBL) dan penggagas BLITS, mobil off-road tersebut akan didatangkan ke Jakarta. “Sekitar pertengahan Februari ini (2019) dibawa ke Jakarta. Untuk lebih mempopulerkan,” katanya. “Teknologi kelistrikan (BLITS) tidak masalah. Masalah yang ada hanya di mekanikal karena sempat ada tabrakan di Medan kan,” jelasnya lagi.

Baca Juga: Nahas, Mobil Listrik Nasional Blits Alami Kecelakaan Di Medan

Ia melanjutkan, tim pengembangan BLITS juga akan juga mengalami revisi pada desain mobil, terutama pada sisi bodi kendaraan. “Mungkin nanti ada perubahan di bodi, di-shifting ke atas atau desainnya lebih mempermudah orang keluar-masuk (kabin),” bebernya.

Ia juga memprediksi, BLITS diperkirakan akan berlaga di Reli Dakar sekitar dua tahun lagi dan sejalan dengan itu, tim dari UBL dan ITS akan terus melakukan riset untuk lebih menguasai teknologi kendaraan tersebut. “Kita harus kuasai teknologinya dulu. Habis itu baru ke sana (Dakar). Semoga dalam 2 tahun ini berkembang lagi,” pungkasnya.