Viar Anggap Kehadiran Motor Listrik Gesits Bukan Saingan

Viar Anggap Kehadiran Motor Listrik Gesits Bukan Saingan Motor Listrik Viar Q1.

KabarOto.com - Motor listrik buatan anak bangsa bernama Gesits sudah resmi dijual dengan harga Rp 24 jutaan. Motor ini digadang-gadang bakal menjadi pesaing terdekat Viar Q1 yang sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2017 lalu. Viar Q1 saat ini dibanderol Rp 18 jutaan, jauh lebih murah. Lalu bagaimana Viar menanggapi hadirnya Gesits, apakah dianggap pesaing terdekat di industri otomotif Tanah Air?

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Indonesia mengatakan, kehadiran Gesits bukan menjadi saingan, justru Viar melihat dengan semakin banyaknya produsen kendaraan listrik akan mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan aturan tentang kendaraan listrik, mengingat di beberapa negara maju kendaraan listrik saat ini tengah digencarkan.

Baca Juga: Sewa Motor Listrik Viar Q1 Khusus Warga Jakarta Hanya Rp2500

"Semakin banyaknya kendaraan listrik lain tentunya kami sebagai produsen kendaraan listrik, memiliki misi yang sama yakni bagaimana mengajak masyarakat untuk mengurangi polusi udara dari sektor transportasi," paparnya kepada KabarOto.

Viar Q1 menjadi kendaraan yang disewakan untuk warga Jakarta.

Frengky mengaku tidak ada strategi khsusus untuk bersaing dengan Gesits. "Tidak ada strategi khusus mas, berjalan seperti biasa saja," paparnya lagi. Penjualan Viar sendiri khusunya Q1 terbanyak di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Medan.

Viar sendiri saat ini sudah mengembangkan 800 diler seluruh Indonesia, semua sudah 3S (sales, service, and spare part) termasuk aftersales. Namun Frengky mengaku penjualan untuk semester pertama ini menurun dibandingan dengan tahun sebelumnya di semester yang sama.

Baca Juga: Wow...Harga Viar Vintech 250 Siap Goyang Kawasaki W175

"Sampai saat ini sih penjualan berjalan seperti biasa, tapi memang tentunya untuk semester pertama ini angka penjualan agak menurun," terangnya lagi. Menurunnya penjualan tentu sama dengan merek lain, yaitu situasi politik di Indonesia dan juga Pemilihan Umum 2019.