Volkswagen Atlas Cross Sport Punya Tatanan Audio Layaknya Konser

Volkswagen Atlas Cross Sport Punya Tatanan Audio Layaknya Konser Volkswagen Atlas Cross Sport

KabarOto.com - Volkswagen Atlas Cross Sport punya tatanan audio yang khusus yang dipastikan memanjakan telinga pengendara dan penumpangnya selama berada di dalam kabin.

Memang, bagi sebagian orang tak memerhatikan bagaimana speaker ditata agar memberikan hiburan melalui suara ketika dalam perjalanan. Seiring berkembangnya teknologi digital, semakin memudahkan menata audio sesuai dengan selera.

"Kami bisa menempatkan kualitas sebuah konser di dalam kendaraan, ujar Tom Dunn, Director of Global Audio Solutions at Panasonic.

Volkswagen Atlas Cross Sport

Yup, Volkswagen bekerja sama dengan Panasonic. Dan, juga sebelumnya bersama Fender Premium Audio System sejak tahun 2011 di Beetle, Passat dan Jetta GLI. Saat itu menyuguhkan kekuatan 400 watt dan delapan speaker.

Baca juga: Akhirnya iOS Baru Rilis, iPhone Punya Fitur CarKey

Adapun untuk Atlas, David Ernst, Panasonic Senior Acoustics Engineer mengatakan bahwa keunikan kabin luas dan lapang namun hanya punya dua baris tempat duduk dan total lima penumpang.

"Sehingga kita harus menata desain Fender Premium Audio System untuk bentuk terkecil tanpa mengesampingkan kualitas," jelasnya.

Agar tatanan audio sesuai dengan dimensi kabin Atlas Cross Sport, Ernst dan timnya mencoba dengan sebuah grup dan orang yang terlibat dalam konser. Bahkan di dalam tim tersebut ada musisi duduk di dalam kabin Atlas Cross Sport untuk mendengarkan kualitas suara musiknya sendiri apakah sesuai ekspektasinya.

"Kita banyak melakukan penyempurnaan untuk memastikan penumpang benar-benar mendapatkan suara jernih ketika menikmati musik," yakin Ernst.

Volkswagen Atlas Cross Sport

Diyakini ada 12 unit speaker terbaik Fender yang dijejalkan di dalam kabin Atlas Cross Sport. 80 mm untuk front-center untuk hadirkan suara vokal, layaknya di panggung konser. Di bagian pintu depan ada sepasang 200 mm dual voice coil woofer untuk sajikan lower tone dengan sistorsi minimal, meski volume ditinggikan.

Baca juga: MotoGP Virtual Race Mugello Didominasi Alex Marquez

Setelah itu ada empat buah ukuran 60 mm dome tweeter, dilokasikan di baris depan dan kedua, menjanjikan suara yang kaya dan jernih untuk setiap instrumennya. Bagian pintu belakang disematkan sepasang 168 mm speaker agar frekuensi rendah yang halus dan respon midrange sampai ke telinga dengan mantap.

Dua speaker wide frequency berukuran 80 mm di pilar D menghadirkan kesan begitu luasnya ruangan konser. Di bagian belakangnya lagi ada subwoofer 168 mm dengan ukuran 12 liter, hadirkan spektrum audio dengan suara bass memenuhi kabin hingga ke dada.

Seluruh sistem dapat mengantarkan tenaga hingga 480 watt - sangat cukup untuk mengemas ruang konser di dalam kabin mobil.