Volkswagen Iltis, SUV Militer Yang Juara Reli Dakar

Volkswagen Iltis, SUV Militer yang Juara Reli Dakar

KabarOto.com – Volkswagen memiliki SUV yang cukup bersejarah bernama Iltis, bisa dibilang buyut dari Tiguan dan Atlas. Namun sayangnya, mobil ini tidak diproduksi dengan jumlah banyak. Sekitar 9.000 unit saja, itupun terbagi untuk sipil dan keperluan militer.

Sebenarnya Iltis dibuat untuk menjadi kendaraan militer Jerman. Memulai masa produksi pada 1978 di fasilitas Audi Ingolstadt. Iltis bukan murni buatan VW, pengembangannya lebih banyak dilakukan oleh Audi dan mobil ini merupakan pembaruan DKW Munga lansiran 1960-an yang bangun ulang.

Volkswagen Iltis dirakit oleh tim yang dipimpin oleh Ferdinand Piëch, menggunakan suku cadang cangkokan dari Munga, Audi lainnya, Golf MK1 dan Beetle. Dibekali mesin berkapasitas 1.741 cc, menghasilkan 70-75 dk dengan transmisi manual empat percepatan dan gigi rendah tambahan.

Baca Juga : New Genesis G70, Mencoba Lebih Modern

Bagian paling menarik dari Iltis mungkin ada dari sistem penggeraknya sebab sudah mempunyai sistem mekanis yang dapat berjalan sebagai penggerak roda belakang saja, pengemudi menggunakan sistem roda empat sesuai kebutuhan.

Sumber : Pertolicious

Pada 1980 Volkswagen memasukan empat tim Iltis dalam Paris-Dakar 1980. Terdapa dua tujuan utama VW mengikuti ajang ini, pertama untuk mengesankan militer Prancis dengan masuk ke Paris-Dakar. Kedua demi membangkitkan minat masyarakat umum pada model sipil, kemudian muncul segmen yang dikenal sebagai SUV kelas atas.

Sumber : Petrolicious

Baca Juga : Profil Maserati MC20 2020

Prestasi keempat tim Iltis juga terbilang gemilang, karena semua menyelesaikan Paris-Dakar 1980, dengan Freddy Kottulinsky dan Gerd Löffelmann menempati urutan pertama dan yang lainnya finish posisi kedua, keempat, dan kesembilan.