POPULAR STORIES

Volkswagen Ungkap Masalah Cip Semikonduktor Masih Hantui 2023

Volkswagen Ungkap Masalah Cip Semikonduktor Masih Hantui 2023 Volkswagen ID.4 (foto : Volkswagen)

KabarOto.com – Volkswagen masih dihantui masalah kelangkaan pasokan cip semikonduktor yang akan mempengaruhi produksi mobil baru tahun 2023.

Pada tahun 2022, Volkswagen mengalami masalah sama dan hal itu mengganggu rantai pasokan lainnya. Termasuk penghentian produksi karena konflik perang Ukraina.

Baca juga: Volkswagen ID.4 Kena Recall Potensi Terbakar

“Kami menerima pesanan yang cukup tinggi. Tetapi, karena kekurangan rantai pasokan yang terus-menerus bisa mempengaruhi angka produksi,” ungkap Imelda Labbe selaku anggota dewan Volkswagen AG untuk penjualan dan pemasaran.

Untuk menghadapi kelangkaan cip semi konduktor dan rantai pasokan di tahun 2023, pihak pabrikan telah menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Kanada.

Volkswagen ID.6 2022

"Jadi, kami berharap masalah tersebut bisa mereda pada tahun 2023 ini dengan produksi yang dapat stabil," ujar Imelda Labbe.

Dalam kesepakatan itu, pihak pabrikan bekerja sama untuk membangun bahan dasar dan mengembangkan teknologi baterai. Langkah tersebut bisa menjadi solusi untuk beberapa pabrikan lainnya menghadapi masalah kelangkaan cip semikonduktor yang masih terjadi hingga saat ini.

Meski mengalami kelangkaan pasokan cip semikonduktor, penjualan mobil Volkswagen di tahun 2022 terbilang cukup baik dengan total penjualan 330.000 unit di seluruh dunia alias naik 23,6%. Angka penjualan tersebut didominasi oleh Crossover ID 4, yang menyumbang sekitar setengah dari angka penjualan.

Baca juga: Volkswagen ID.7, Calon Pesaing Tesla Model 3 Akan Diperkenalkan

Untuk pasar Tiongkok, pihak pabrikan melipatgandakan penjualan mobil listriknya yang meningkat menjadi lebih dari 143.100 unit. Penjualan tersebut termasuk hatchback ID.3, crossover ID.4, dan SUV ID.6.

Tentu, memulai tahun baru mereka berharap angka penjualan bisa tumbuh secara signifikan usai peluncuran ID.3, ID.7 dan ID Buzz terbaru.

Sementara itu, angka penjualan Volkswagen di Amerika Serikat juga meningkat. Menurut data, peningkatan penjualan pada kuartal ketiga dengan angka 12 persen untuk kendaraan dengan total 88.820 unit terjual.