POPULAR STORIES

Volkswagen ID.7, Calon Pesaing Tesla Model 3 Akan Diperkenalkan

Volkswagen ID.7, Calon Pesaing Tesla Model 3 akan Diperkenalkan Sedan listrik Volkswagen ID.7 (Foto: VW)

KabarOto.com - Volkswagen ID.7 akan diperkenalkan di Consumer Electronics Show 2023. Mobil lstrik ini, digadang-gadang akan menjadi pesaing Tesla Model 3.

Versi produksinya, akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini. Meskipun masih tertutup stiker kamuflase, VW menampilkan interior dan merinci beberapa fitur yang disematkan ke sedan listrik pertamanya ini.

Dari segi desain, VW ID.7 terlihat mirip dengan konsep ID.Aero, mempertahankan siluet aerodinamis, meskipun beberapa detail telah diperhalus untuk versi produksi.

Termasuk unit lampu LED dibuat lebih sederhana, spion lebih besar, bumper sedikit didesain ulang, dan pelek berdiameter lebih kecil.

Baca juga : Airbag Takata Bermasalah, 42 Ribu Unit Volkswagen Beetle Ditarik

Tampilan interior versi produksi

Interior memperlihatkan desain spesifikasi, layar sentuh bergaya tablet berukuran 15 inci untuk infotainment, dipadu dengan spidometer digital kecil, dan tampilan head-up augmented reality VW.

Tombol di bawah layar, mengontrol fungsi iklim dan volume. Namun, setir tetap mempertahankan kontrol peka sentuhan, akan segera diganti dengan tombol biasa.

Sorotan lain terdapat "Smart Air Vents" yang dikontrol secara digital. Menurut VW, sistem tersebut mengenali pengemudi dari kunci, dan mendinginkan atau memanaskan interior sebelum mereka masuk ke dalam mobil.

Sistem pendingin udara dapat secara otomatis mendistribusikan udara ke area yang luas, atau mengarahkan aliran udara ke tubuh penumpang. Fungsi tersebut dapat diaktifkan, penumpang melalui layar sentuh pusat atau dengan menggunakan perintah suara.

Baca juga : Mulai Tahun 2030, Semua Line-up Volkswagen R Menjadi Mobil Listrik

Eksterior masih ditutupi stiker kamuflase

VW ID.7 menggunakan arsitektur MEB, yang telah ditingkatkan menjadi MEB+ untuk jangkauan yang lebih jauh, dan kecepatan pengisian yang lebih cepat.

Meskipun belum ada spesifikasi rinci, mungkin ditawarkan dalam konfigurasi motor listrik tunggal dan ganda, dengan paket baterai besar yang dipasang di lantai.

Pabrikan mobil Jerman ini, menggambarkan model itu sebagai "sedan listrik efisien dengan kemampuan jarak jauh". Perkiraan jangkauan hingga 700 km, berdasarkan siklus WLTP yang disimulasikan.

VW juga mengungkapkan bahwa ID.7, akan memiliki jarak sumbu roda 116,9 inci, lebih panjang 3,7 inci dibanding Tesla Model 3, dan 0,8 inci lebih panjang dari Hyundai Ioniq 6.

Selanjutnya, VW ID.7 akan dipasarkan di Eropa, Asia (Tiongkok), dan Amerika Utara. Peluncuran resminya pada kuartal kedua tahun 2023.

Untuk pasar Eropa, produksi akan dilakukan di pabrik Emden di Jerman bersama dengan ID.4. Sedan listrik tersebut akan menjadi model keenam dalam jajaran ID, dan salah satu dari 10 EV baru yang akan diluncurkan Volkswagen pada tahun 2026.