Volkswagen Melengkapi Pabrik Zwickau Sebagai Tempat Produksi Mobil EV

Volkswagen Melengkapi Pabrik Zwickau sebagai Tempat Produksi Mobil EV Sumber: cnet.com

KabarOto.com - Kota Zwickau di Jerman Timur memiliki akar otomotif yang dalam, awalnya berfungsi sebagai rumah Horch dan kemudian Audi di masa awal, selanjutnya perusahaan-perusahaan tersebut bergabung dan dipindahkan ke Ingolstadt setelah Perang Dunia 2. Kemudian menjadi rumah produksi Trabant hingga Volkswagen membelinya pada tahun 1990.

Pabrik VW di Zwickau tidak hanya menjadi bagian penting dari sejarah otomotif. Akan membuat sejarah lagi ketika menyelesaikan peralihannya menjadi fasilitas produksi kendaraan listrik pertama VW Group, menurut rilis yang dikeluarkan Volkswagen pada 9 Mei kemarin waktu setempat.

"Ini keyakinan kuat saya bahwa Jerman sebagai lokasi otomotif juga harus memimpin dalam hal mobilitas listrik. Itu sebabnya kami sengaja mengubah pabrik Zwickau menjadi situs e-mobil terbesar dan paling efisien di Eropa," kata Herbert Diess , CEO Grup Volkswagen. "Sangat mengesankan melihat upaya apa yang dilakukan tim untuk membantu mencapai transformasi itu. Zwickau dapat menjadi model untuk transformasi di industri kami."

Baca juga: Luar Biasa, VW Combi Ini Dibuat Dari Lego!

Banyak rencana Volkswagen di masa depan untuk elektrifikasi bergantung pada penyelesaian retrofits ke pabrik Zwickau yang bersejarah untuk mengubahnya menjadi pabrik khusus EV.

Volkswagen berencana menawarkan 20 model listrik baru pada tahun 2025 dan berharap untuk menjual sekitar 1 juta EV pada saat itu juga, sehingga perubahan yang dibuat untuk pabrik Zwickau dan tenaga kerjanya mewakili hanya sebagian dari investasi kolosal oleh salah satu mobil terbesar di dunia.

"Transformasi ke mobilitas listrik adalah tugas besar bagi Volkswagen, Volkswagen Sachsen (Saxony) dan tenaga kerjanya. Kami telah berhasil menyelesaikan fase pertama itu," kata Thomas Ulbrich, anggota dewan VW yang bertanggung jawab untuk e-Mobility. "Sekitar setengah dari 1.500 robot baru untuk konstruksi bodi sudah beroperasi. Kami akan memulai konversi baris pertama dalam perakitan akhir seperti yang direncanakan di musim panas."

ID 3 Volkswagen yang baru dinamai dan menjadi-preordered-like-crazy akan menjadi salah satu kendaraan pertama yang dibangun di sana ketika mulai diproduksi pada 2019 nanti.