POPULAR STORIES

Volkswagen Touareg R, SUV Serba Paling Pertama

Volkswagen Touareg R, SUV Serba Paling Pertama

KabarOto.com - Sebagai salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) bertubuh bngsor, Volkswagen Touareg, mendapat sentuhan lagi sebagai pilihan puncak di variannya yakni Volkswagen Touareg R.

Mengusung nama tambahan 'R', konsumen langsung mudah menerka dari balik kapnya akan menyuguhkan performa yang tak biasanya. Memang, klaim mencapai 335 dk dan torsinya 700 Nm, dan Touareg R ini menjadi keluarga R pertama yang mengandalkan plug-in hybrid.



Tak perlu takut dompet akan terkuras karena performa sangat Touareg R. Berkat sistem all-electric E-Mode pada sistem gerak 4Motion, setiap laju pertama kali Touareg R akan memakai motor listrik.

Baca juga: Nikmati Senja di Pegunungan Bersama Mazda CX-30

Touareg R menjadi SUV plug-in hybrid pertama di dunia, diklaim punya fitur baru Trailer Assist. Bisa memandu trailer berbobot 3,5 ton. Selain itu menjadi yang pertama pula disematkan Travel Assist, memungkinkan Touareg R melaju 250 kpj tanpa bantuan tangan pengendara di lingkar kemudi.



Adapun Touareg R berbasis dari Touareg generasi ketiga yang diperkenalkan tahun 2018 . Pilihan mesin standarnya yang ada berbahan bakar bensin TSI dan tiga mesin diesel turbocharger TDI. Mesin V6 TSI memiliki tenaga hingga 335 dk. Sementara V6 TDI punya tenaga 228 dk dan 281 dk. Paling bertenaga Touareg R adalah V8 TDI dengan 415 dk.

Penggerak empat roda hybridnya Touareg R dipadukan mesin V6 turbocharger dengan kapasitas 2.995 cc. Motor penggeraknya mendapat sumber dari baterai lithium ion dengan kapasitas energi 14,1 kWh. Transmisi delapan percepatan Tiptronic akan mengirimkan limpahan tenaga dan torsi.



Kerennya lagi, Touareg R bisa melaju hanya andalkan tenaga baterai dengan kecepatan mobil 140 kpj. Bila melebihi kecepatan tersebut, mesin V6 TSI akan aktif secara otomatis.

Ketika di dalam kokpit, pengendara akan disapa layar informasi digital 12 inci. Sedangkan layar infotainment berukuran 15 inci bisa dioperasikan melalui sentuhan. Memanjakan telinga ada speaker dari Dynaudio berkekuatan 780 Watt.

Baca juga: Renault Twingo Z.E, Bisa Sepekan Tak Isi Baterai

Pengendara tak perlu takut akan menabrak pejalan kaki akibat penerangan jalan yang minim. Karena Touareg R sudah tersemat fitur Night Vision mampu mendeteksi manusia atau hewan yang melintas dengan model termal melalui pantauan kamera.



Selain itu kamera dapat membaca rambu lalu lintas, atau fitur teknologi Dynamic Road Sign Display dan juga ada Lane Departure Warning membuat mobil tetap berada di jalurnya. Sorotan ke jalan raya menggunakan pendaran cahaya IQ.Light LED matrix.



Seperti model Volkswagen dengan simbol R, warnanya akan disediakan Lapiz Blue Metallic. Semakin keren dengan pelek Suzuka 21 inci dan pilihan ukuran pelek Estoril 22 inci.