POPULAR STORIES

VW Transporter Camper Van Tuksedo Studio Aplikasikan Desain Kapal

VW Transporter Camper Van Tuksedo Studio Aplikasikan Desain Kapal Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Projek modifikasi mobil VW Transporter bertema camper van digarap oleh Tuksedo Studio asal Bali. Walau bagian eksteriornya tidak terlalu banyak diubah, namun kabinnya jadi benar-benar berbeda.

“Jadi projek ini dari kita, oleh kita, untuk kita. Kita lagi nganggur di workshop lihat ada mobil ini, ya sudah deh kita coba bikin jadi camper van,” ujar Co-Founder Tuksedo Studio, Laksmana Gusti Handoko.

Baca juga Tuksedo Studio Pamerkan Mobil Klasik Di IIMS 2022

Basisnya ini VW Transporter T4, dimodifikasi dari segi bodi eksterior supaya menyesuaikan modifikasinya. Bodi samping belakang dipotong agar bisa jadi tempat genset, lalu atapnya pun rela dibelah demi memasang aksesori atap impor dari Jerman, bisa berfungsi sebagai tenda tambahan.

Ubahan paling besar adalah bagian interior. “Kita ubah bagian dalamnya, seperti beberapa kursi ada yang kita buang untuk menambah ruang. Desain kita ini juga sebenarnya desain perkapalan,” jelas pria ramah itu.

Itu adalah rahasia kenapa desain camper van ini enak dilihat karena memang aslinya Tuksedo Studio itu mendesain perkapalan.

“Karena sebenarnya mobil sama kapal itu mirip, karena kapal itu kan sempit jadi semua harus bagus. Makanya kalau dilihat desain jok kapal itu letter L, lalu salah satu ciri-cirinya di kapal itu tidak boleh ada sudut tajam. Karena ruang sempit kalau ada sudut tajam sakit, bila kapal goyang-goyang,” paparnya.

Konsepnya bisa hidup nyaman di ruang sempit, contohnya meja di tengah bisa dijadikan sebagai ranjang. Jika ingin mandi bisa di belakang mobil, terdapat pancuran air dengan penutup tirai.

Baca juga Autovision Tawarkan Lampu LED Aftermarket Suzuki Jimny

Layaknya seperti di rumah, di camper van ini juga terdapat fasilitas mencuci piring, memasak, menaruh kulkas, bahkan toilet. Serta banyak kompartemen dimaksimalkan agar efisien, dan asal tahu saja untuk lacinya itu menggunakan laci kapal.

Soal harga, memang pihak Tuksedo Studio tidak bisa memberikan harga pasti membuat camper van seperti ini. Namun menurut Gusti mungkin siapkan dana sekitar Rp 400 jutaan.

“Kenapa saya tidak bisa memastikan harga, karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan coba-coba. Karena setiap mobil pasti beda lagi, setiap orang juga kebutuhannya berbeda,” tutupnya.