POPULAR STORIES

Wah.. Ternyata Ada Yang Mau Kampanye Duluan

Wah.. Ternyata Ada yang Mau Kampanye Duluan sejumlah pemerhati keselamatan lalu-lintas mengkampanyekan ‘Indonesia: Road to Safety’

KabarOto.com - Wah ternyata yang mau kampanye duluan loh. Tapi kampanye yang dimaksud bukan capres dan cawapres, apalagi Caleg. Kampanye di sini untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya. Dan yang akan melakukan kampanye adalah Lalintas.

Lalintas merupakan badan usaha sosial khusus di bidang kampanye keselamatan jalan raya dan bekerjasama dengan organisasi non-profit United in Diversity (UID) serta sejumlah pemerhati keselamatan lalu-lintas. Mereka membentuk sebuah gerakan atau kampanye yang diberi nama ‘Indonesia: Road to Safety’. Kampanye ini dibuat untuk menekan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Baca Juga: Dishub Jabar Akan Pasang Rolling Barrier Di Titik Rawan Kecelakaan

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mengurangi angka kematian akibat kecelakaan sebanyak 50% pada tahun 2020. Pada saat ini, setiap tahunnya tercatat sekitar 26.000-29.000 jiwa tewas karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Jika mengacu pada Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, Indonesia memiliki target untuk mengurangi korban meninggal hingga 14.000-15.000 jiwa pada 2020.

Polisi melakukan olah TKP di tempat kecelakaan. (Fotp: Istimewa)

“Keselamatan di jalan raya menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah. Upaya penurunan angka kecelakan lalu lintas memerlukan aksi nyata yang berkelanjutan dan secara bersama-sama,” jelas Chaerany Putri, Co-Founder Lalintas.

Menurutnya, tanpa aksi nyata dan gerakan bersama, kecelakaan lalu lintas diprediksi dapat menjadi penyebab kematian ke-7 tertinggi di dunia pada tahun 2030. Aksi ini menurut Putri, akan dilakukan dengan melakukan pendekatan yang kreatif, tidak hanya dengan metode sosialisasi namun juga dengan pendekatan permainan-permainan sosial (social games) yang menggugah, khususnya bagi para remaja.