Waspada! Engine Mounting Racing Palsu, Ini Ciri-cirinya

Waspada! Engine Mounting Racing Palsu, Ini Ciri-cirinya Engine mounting orisinal tak pakai stiker hologram (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Spare parts performa orisinal untuk balap wajib hukumnya dan tak bisa ditawar-tawar lagi. Sekalinya celaka, bisa nyawa taruhannya, apalagi sialnya ketika rusak dan berada di tengah trek balap. Suram, Sob!

Nah, biar tidak merasa dirugikan, coba simak penuturan Yudhistira Maranatha dari Engineplus Motorsport yang mengaku pernah menemukan kejanggalan pada engine mounting milik mobil konsumennya. "Iya, gue lihat sendiri itu (engine mounting) pecah, konsumen mengeluh," ujarnya.

Ia bilang, konsumen tersebut sudah menerima mobil dengan keadaan seperti kondisi itu saat membelinya, "Padahal merek Hasport lumayan terkenal di dunia modifikasi, gue lihat juga ada stiker hologram bertuliskan 'Genuine Racing Parts', sebenarnya agak curiga," kata Yudhis, sapaan akrabnya.

Tak pikir panjang, ia pun membongkar isi dari engine mounting dari karet tersebut, dan menemukan tulisan 'made in China' pada bagian dalamnya.

"Pantas saja, soalnya Hasport yang asli enggak pakai stiker hologram dan memang awet barangnya," sambung penggeber Toyota Starlet turbocharger itu.

Baca Juga: Intip Keunikan Modifikasi Chevrolet C10 G Speed Indonesia

Yudhistira: "Engine mounting palsu terdapat stiker hologram"

Nah, ia bilang memang agak sedikit 'tricky' dan sulit dibedakan antara engine mounting yang asli dan palsu. "Soalnya aluminium CnC sama, tulisan juga sama-sama rapi, memang sekarang tiruannya pun terlihat nyari sempurna, paling yang bisa dikenali ya hologram sama harganya yang relatif lebih murah dan tingkat durabilitasnya saja," ujar penyuka motor mini itu.

Yudhis menambahkan, ketika hendak membeli engine mounting untuk trackday atau street use, baiknya beli yang bermaterial hardened rubber.

"Sejauh ini yang belum ada palsunya biasanya merek Hardrace, dia berani kasih garansi 5 tahun untuk engine mounting hardened rubber sedangkan bahan pillow ball untuk balap bergaransi 1 tahun," tutupnya.

Hati-hati ya, Sob!