POPULAR STORIES

Waspada Pelumas Mesin Palsu, Ini Cara Antisipasinya

Waspada Pelumas Mesin Palsu, Ini Cara Antisipasinya Foto: KabarOto

KabarOto.com - Pelumas pada mesin konvensional sepeda motor itu sangat penting, namun tahukah ternyaa banyak juga beredar pelumas mesin palsu. Nah, ini cara mudah untuk membedakannya!

Pelumas merupakan hal penting untuk mesin motor, karena untuk menjaga kelangsungan proses kerja mesin, bila pelumas kurang pada mesin, maka bagian komponen dalam mesin akan cepat aus akibat gesekan.

Sebenarnya, pemilik sepeda motor bisa membedakan oli palsu dan asli dari kemasannya saja. Jika melihat bagian label pada botol, jika tampak kusam, rusak, atau tidak mirip label asli maka patut dicurigai.

Baca juga: Tips Mencuci Motor Di Rumah Perhatikan Bagian Ini

Adanya teknologi QR barcode di bagian belakang kemasan pelumas, untuk mencegah pemalsuan

Federal Oil melakukan langkah antisipasi dengan menyematkan stiker hologram khusus pada bagian kemasan botol pelumas, pelumas Federal Oil yang palsu tentu saja tidak memiliki stiker hologram atau jika ada kemungkinan tidak mirip.

"Di bagian belakang kemasan botol pelumas, kami menyiapkan QR barcode. Nanti konsumen bisa melakukan scan pada bagian belakang kemasan Federal Oil. Dari situ bisa dilihat oli ini asli atau palsu," ungkap Rommy Averdy selaku Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI).

Namun ia menyarankan pada konsumen yang ingin membeli produk dari Federal Oil, untuk membeli di bengkel resmi yang sudah menjadi rekanan, misalnya Federal Oil Center atau diler resminya.

Ini merupakan komitmen Federal Oil, membuktikan bahwa Federal Oil menjadi salah satu merek yang terus eksis dan konsisten menghadirkan inovasi dan terus relevan terhadap kebutuhan para pengendara roda dua di Tanah Air.

Atas upaya dari Federal Oil tersebut, membuat brand image yang kuat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan bergengsi dan prestisius, yaitu Superbrands Award 2023 untuk kategori pelumas kendaraan roda dua.

Baca juga: Begini Prosedur Pengecekan Yang Benar Setelah Terjadi Kecelakaan Sepeda Motor

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT EMLI mengatakan, bersyukur dapat menerima penghargaan ini kembali di 2023.

“Sejalan dengan kampanye Federal Oil yaitu pasti makin nyaman, kami berharap di tahun-tahun mendatang dapat mempertahankan sentimen dan raihan positif ini untuk menghadirkan produk dan program yang terbaik dan nyaman bagi konsumen, serta selalu menjadi pilihan utama bagi konsumen roda dua di Indonesia,” pungkas Sri Adinegara.