Waspadai Aquaplaning Saat Kemudikan Mobil Dengan Cara Ini

Waspadai Aquaplaning Saat Kemudikan Mobil dengan Cara Ini

KabarOto.com - Saat musim hujan di jalan raya atau jalan tol, biasanya sering ditemui jalan raya yang tergenang air, atau biasa disebut aquaplaning. Ini merupakan sebuah kondisi terbentuknya lapisan air antara permukaan jalan dengan ban mobil.

Semua merek ban apalagi yang sudah gundul, akan mengalami gejala aquaplaning di jalan tergenang. Jangan dianggap remeh, hal ini sangat berbahaya bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil Yang Baik Dan Benar

Aquaplaning

Namun ada cara yang harus disikapi saat menghadapi aquaplaning. On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal memberikan beberapa tips, di antaranya yang pertama memastikan tinggi kembangan ban masih di atas batas TWI atau celah alur tapak ban bagian tengah, yang sedikit menonjol. Untuk kendaraan penumpang, ukurannya diatas 1,6 mm.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil Yang Baik Dan Benar

Kemudian yang kedua, menurutnya dia mengurangi kecepatan saat melintasi genangan. "Selanjutnya jangan terlalu banyak menggerakkan setir di jalan tergenang atau basah," terangnya.

Karena, menurut dia, roda depan jadi mirip sirip ikan, semakin besar atau banyak digerakan, maka makin banyak gerakan pada kendaraan.

Intinya, ketika menghadapi aquaplaning tersebut harus tetap mempertahankan posisi setir. "Kendaraan juga akan semakin banyak bergerak, kalau kita gerakan setir," tutup Zulpata.