POPULAR STORIES

Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil Yang Baik Dan Benar

Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil yang Baik dan Benar

KabarOto.com - Sarung mobil atau cover mobil (car cover) memang berfungsi melindungi mobil dari risiko terkena cakaran binatang, air hujan, debu, dan kotoran lain yang mengenai mobil ketika parkir.

Kotoran yang menempel dapat memicu water spot atau jamur di bodi mobil hingga muncul karat.

“Tidak bisa asal membeli car cover. Pastikan Car cover yang dibeli berkualitas yang menjaga mobil dari berbagai material yang merusak," jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000. Berikut tipsnya.

Baca Juga: Mau Libur Akhir Tahun, Jangan Lupa Cek Mesin Dan Ganti Oli

1. Ukuran

Pilih cover mobil yang ukurannya sesuai dengan dimensi mobil. Ukuran terlalu besar membuatnya tidak terpasang dengan baik sehingga menyebabkan pemasangan tak kencang. Jika terlalu kecil, maka mobil tak sepenuhnya tertutup cover.

2. Material

Bahan parasut atau polyester yang tahan air cocok untuk mobil yang sering parkir di ruang terbuka. Namun, embun pada bagian material parasut harus dijaga supaya tetap kering dan bersih. Bagi mobil yang sering parkir di dalam ruangan, pilihlah bahan fabric untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban.


3. Pastikan Tidak Mudah Luntur

Cover mobil berwarna terang punya kemungkinan warna sarung luntur dan mengenai bodi mobil, apalagi jika kualitasnya tak baik. Pastinya Sobat KabarOto tidak ingin mobil kesayangannya jadi rusak hanya gara-gara pemilihan yang tak tepat.

Baca Juga: Pakai Foto Mobil Kita Sendiri, BitelBlack Jual Sarung Mobil 4 Dimensi

4. Lapisan Car Cover

Car cover dengan kualitas baik lazimnya tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja. Di bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari. Pada lapisan kedua biasanya terdapat rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah pengembunan. Lapisan ketiga atau lapisan paling bawah akan melindungi bodi mobil. Umumnya berbahan lembut supaya tidak mengakibatkan bodi mobil baret.

Pihak Auto2000 pun menjual car cover yang diklaim terbuat dari material JN coating dengan serat polyester modern, serta dilapisi coating yang membuatnya anti air hingga 95% dengan efek daun talas.

Ukurannya sudah disesuai dengan dimensi mobil Toyota dan bebas biaya kirim untuk wilayah Jabodetabek. “Auto2000 Digiroom bisa membantu bagi yang ingin memiliki car cover untuk melindungi mobil kesayangan saat parkir di rumah," tuturnya.