POPULAR STORIES

WBar Custom – Mobil Off-Road Gagah Pun Bisa Jadi Pesolek

WBar Custom – Mobil Off-Road Gagah Pun Bisa Jadi Pesolek WBar Custom spesialis Off-Road

KabarOto.com – Kalau menyebut WBar Custom, mungkin banyak yang sudah paham kalau workshop ini menangani segala jenis ubahan untuk off-road. Namun walau diperuntukkan off-road yang harus tampil gagah, mobil pun harus tetap bisa jadi pesolek.

Sebab, yang menjadi trademark dari tempat ini sendiri adalah personalisasi estetika yang menempel di setiap mobil. Makanya, I Wayan Siu Kumara selaku owner WBar Custom yang bermarkas di Rempoa, Tangerang Selatan berusaha menyocokkan karakteristik mobil dengan sang pemiliknya.

Baca Juga: Perubahan Peraturan Indonesia eXtreme Offroad Championship 2018

“Mungkin bedanya di sini dengan di tempat lainnya, saya menyesuaikan modifikasi dengan karakter si empunya mobil. Misalnya owner-nya parlente, saya kasih desain bumper yang rapi, menyesuaikan kontur bodi, permainan warna dan komposisi aksesori seperti lampunya saya atur supaya representatif,” buka Wayan.

Workshop yang mempekerjakan belasan karyawan ini sebenarnya sudah ada sejak era 1980-1990-an, namun baru sekitar 4 tahunan ini Wayan resmi memiliki tempat sendiri. “Dulu sempat join sama teman, saya divisi 4x4-nya. Seiring berjalannya waktu, saya putuskan punya usaha dan tempat sendiri,” kenangnya.

Pria berkacamata itu beropini kalau membuat bumper mobil off-road bukanlah sekadar menjual ketebalan material dan ‘gagah-gagahan’ saja, namun semua tentang preferensi owner, struktur tulang mobil, juga komposisi bumper itu sendiri.

Wayan lebih suka menganggap bumper itu sebagai aksesori yang menambah nilai/kasta mobil itu sendiri. “Jangan dibalik, bukan aksesori yang harus ditonjolkan, justru aksesori itu yang harus ikut mobilnya,” ucapnya.

Sebenarnya Wbar Custom adalah divisi fabrikasi 4x4, namun Wayan juga memiliki sebuah workshop di Ciater, Tangerang Selatan bernama Restu Motor yang melayani perawatan umum.

Untuk harga item bumper depan adalah Rp 11-14 juta dan bumper belakang berada di kisaran Rp 15-18 juta, dengan waktu pengerjaan sekitar 2 minggu.

“Lebih enak lagi kalau datang konsultasikan dulu saja sambil bawa mobilnya, jadi bisa sekalian saya perkirakan semuanya dari estimasi biaya dan waktu pengerjaan,” tutup Wayan.