POPULAR STORIES

Wow, Toyota GR Yaris Seharga Rp 574 Juta?

Wow, Toyota GR Yaris Seharga Rp 574 Juta? Toyota Global

KabarOto.com - Toyota Motor Corporation memberikan kejutan awal tahun hadirkan Toyota GR Yaris. Memanfaatkan momentum pameran modifikasi otomotif Tokyo Auto Salon di Chiba, Tokyo, Jepang (10/1). Unit yang masih mengusung DNA World Rally Championship (WRC) akan dipamerkan hingga 12 Januari.

Toyota Global mengabarkan pihaknya memulai pemesanan online khusus di Jepang untuk dua edisi spesial yakni RZ First Edition dan RZ High Performance Edition. Pre-order akan diterima dari 10 Januari hingga 30 Juni, atau sekitar enam bulan.

Pembuatan Toyota GR Yaris akan dilakukan pada jalur produksi khusus di Pabrik Motomachi, Jepang. Fasilitas produksi ini dikenal sebagai pabrik untuk merakit mobil-mobil sport Toyota.

Bermacam jenis kondisi jalanan pada Kejuaraan Reli Dunia (World Rally Championship), menjadi dasar bagi Toyota Gazoo Racing untuk membuat mobil seperti GR Yaris yang sesuai dengan karakter jalan di seluruh dunia.

Layout sports 4WD diaplikasikan pada bodi yang diklaim punya rigiditas tinggi, keseimbangan yang baik, juga mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

GR Yaris dilengkapi panel atap carbon fiber reinforced plastic, dibentuk menggunakan metode compound moulding. Desain 3 pintu juga sengaja dibuat agar mobil tetap enteng.

Baca Juga: Cetak Hat-Trick Juara Nasional Pakai Yaris, Ini Komentar Pembalap Toyota Team Indonesia

Toyota GR Yaris punya gril depan, diffuser sisi depan, spoiler belakang dan bumper belakang yang semuanya berwarna hitam pekat. Adapun edisi khusus RZ "High Performance Edition" punya spesifikasi yang terdapat pada RZ First Edition ditambah dengan pelek aluminium merek BBS berwarna matte black.

Toyota GR Yaris memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.460 mm. GR Yaris dibekali mesin tiga silinder DOHC direct injection turbo berkapasitas 1.600cc. Mesin ini sanggup menghasilkan output 268 dk dan torsi maksimum 370 Nm. Tenaga ini disalurkan ke penggerak roda 4WD melalui transmisi iMT (manual 6 percepatan). Terdapat tiga mode berkendara dalam sistem penggerak 4WD yakni Normal, Sport, dan Track.

Pada sektor kaki-kaki, Toyota GR Yaris dibekali ban 225/40Z R18 pada bagian depan dan 225/40Z R18 pada bagian belakang. Harga Toyota GR Yaris dari edisi khusus RZ "First Edition" direncanakan 3,96 juta yen (termasuk pajak) atau setara Rp 498,93 juta, sedangkan edisi khusus RZ "High Performace Edition" direncanakan 4,56 juta yen (termasuk pajak) setara Rp 574,53 juta.