POPULAR STORIES

WRC Kroasia 2022: Kalle Rovanpera Kejar Kemenangan Di Power Stage

WRC Kroasia 2022: Kalle Rovanpera Kejar Kemenangan di Power Stage Kemenangan Kalle Rovanpera di WRC Kroasia 2022 (Foto: Toyota Gazoo Racing WRT)

KabarOto.com - Meski seri kedua ke seri ketiga World Rally Championship 2022 ada rehat dua bulan, namun Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing WRT) didampingi co-driver Jonne Halttunen berhasil mempertahankan kemenangannya di Reli Kroasia 2022, Jumat-Minggu (22-24/4).

Persaingan ketat datang dari dua pereli Hyundai Shell Mobis World Rally Team yakni Ott Tanak di posisi dua dan Thierry Neuville di posisi tiga. Bahkan Kalle meninggalkan keduanya di etape pamungkas yakni Power Stage dengan selisih 4,3 detik dari Tanak, sedangkan Neuville terpaut hingga 2:21 detik.

Baca juga: FIM Resmi Ubah Regulasi Rally1 WRC 2022

Kalle Rovanpera kejar ketertinggalan di Power Stage

“Ini adalah kemenangan terbaik saya sejauh ini. Pekan balapan yang sulit, kondisinya sangat sulit dan sepertinya semua punya kendala serupa,” ujar Kalle. Pada hari ketiga reli di Korasia diakuinya juga semakin berat dan sempat pesimis bisa menang melihat cuacanya memengaruhi lintasan akibat hujan deras.

Kalle mengira akan kehilangan banyak waktu saat kondisi hujan dan tak berpikir pilihan ban akan cocok di final dengan melihat begitu banyaknya lumpur. Tapi dirinya sudah yakin dan ternyata waktunya bagus. “Seri ke depan akan banyak lintasan tanah yang tentunya menjadi hal baru buat saya. Tapi sejauh ini saya sangat puas, mobil sangat kencang dalam segala hal,” jelas pereli yang gunakan nomor 69 tersebut.

Ott Tanak sempat pimpin catatan waktu reli Kroasia

Sementara itu pereli Hyundai i20 N Rally1 yakni Tanak yang finis posisi dua mengakui sangat berbeda berbanding saat digeber hari Jumat. Tapi dirinya meyakini cukup puas dengan hasilnya yang tak terlalu buruk. “Kami masih kekurangan kecepatan mobil berbanding pereli lainnya, tapi kami cukup cerdas dengan pemilihan ban yang berdampak bagus,” jelas Tanak.

Thierry Neuville

Sedangkan Thierry tak bisa berbuat banyak akibat terkena penalti 2 menit, sehingga sulit mempertajam waktu mengejar ketertinggalan. “Kami selalu menyikapinya dengan positif, setidaknya bisa senang dengan posisi tiga,” ujar pereli asal Belgia ini. “Mobil bisa kencang, jalurnya juga bagus dan sangat menyenangkan. Di akhir tim memboyong posisi 2-3, ini membuat poin besar klasemen juara manufaktur,” ungkapnya.

Baca juga: WRC Resmi Perpanjang Kontrak Reli Swedia Hingga 2024

Podium WRC Kroasia 2022

Kemenangan yang diraih Kalle mendapat apresiasi dari pendiri tim Toyota Gazoo Racing Akio Toyoda dengan mengucapkan selamat atas kemenangan yang diraih. “Tentunya tak mudah reli di cuaca yang tak stabil. Kalle mampu mengambil risiko sejak dari awal melihat pengalaman mengecewakan tahun lalu alami pecah ban. Bisa mengejar ketertinggalan, bisa tetap tenang dan meninggalkan pereli lain. Memang masih awal musim 2022. Berharap dirinya bisa terus menunjukkan kemampuannya di berbagai kondisi jalan,” jelas Toyoda.

Hasil Reli Kroasia 2022:
1 Kalle Rovanperä/Jonne Halttunen (Toyota GR YARIS Rally1) 2jam 48 menit 21,5 detik
2. Ott Tänak/Martin Järveoja (Hyundai i20 N Rally1) +4,3 detik
3. Thierry Neuville/Martijn Wydaeghe (Hyundai i20 N Rally1) +2m 21 detik
4. Craig Breen/Paul Nagle (Ford Puma Rally1) +3m 07,3 detik
5. Elfyn Evans/Scott Martin (Toyota GR YARIS Rally1) +3m 46 detik
6. Takamoto Katsuta/Aaron Johnston (Toyota GR YARIS Rally1) +8m 08,5 detik
7. Yohan Rossel/Valentin Sarreaud (Citroën C3 Rally2) +10m 01 detik
8. Kajetan Kajetanowicz/Maciej Szczepaniak (Škoda Fabia Rally2 evo) +11m 01,2 detik
9. Emil Lindholm/Reeta Hämäläinen (Škoda Fabia Rally2 evo) +11m 11,9 detik
10. Nikolay Gryazin/Konstantin Aleksandrov (Škoda Fabia Rally2 evo) +11m 48,5detik