POPULAR STORIES

WSBK Indonesia 2022: Sepenggal Cerita Dari Mandalika

WSBK Indonesia 2022: Sepenggal Cerita dari Mandalika Area paddock Alvaro Bautista (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - World Superbike (WorldSBK) 2022, digelar pada 11-13 November di Sirkuit Internasional Mandalika. Seri ke-11 ini jadi penentu gelar juara dunia antara Toprak Razgatlioglu (Yamaha) dan Alvaro Bautista (Ducati).

Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu berhasil menang di Race 1 World Superbike (WSBK) Indonesia 2022, Sabtu (12/11). Pada balapan kedua, pembalap asal Turki ini kembali menjadi yang terdepan.

Toprak Razgatlioglu saat starting grid

KabarOto mendapatkan kesempatan menonton langsung dari Sirkuit Mandalika, Lombok. Bahkan mendapatkan akses langsung untuk menyisir paddock tim balap WSBK hingga menyaksikan pembalap melakukan persiapan terkahir sebelum balapan (Starting Grid).

Baca Juga : Hyundai I30 N, Lanjutkan Kiprah Pabrikan Sebagai Safety Car WSBK Sejak 2019

Cuaca terik menjadi salah satu tantangan bagi pembalap. Bayangkan saja, pembalap perlu mengompres dirinya dengan es batu untuk membantunya menjaga suhu tubuh. Bukan hanya itu, setelah balapan pembalap juga berendam di kolam yang sudah disiapkan oleh timnya.

Kolam untuk pembalap berendam setelah balapan

Balapan sebanyak 21 lap di tengah cuaca yang panas pun membuat wearpack pembalap menjadi basah, bahkan cenderung lepek. Sebagai informasi, balapan pertama suhu mencapai 29 derajat celcius, Sabtu (12/11), sedangkan balapan kedua menyentuh 28 derajat celcius, Minggu (13/11).

Soal infrastruktur menuju akses Sirkuit Mandalika, seorang pemandu wisata yang menemani kami selama berada di Lombok mengatakan, semua akses sudah diperbaiki termasuk jalan untuk mobil/motor dan pejalan kaki sudah disediakan.

Wearpack pembalap dijemur di motor

"Tahun ini sudah dua jalur, tahun lalu masih satu jalar. Area pejalan kaki juga dibuat senyaman mungkin. Intinya lebih baik dari gelaran WSBK tahun lalu," ungkapnya.

Baca Juga : Hasil Race 1 WSBK Indonesia 2022 : Toprak Razgatlioglu Menang Telak

Tim KabarOto yang menyaksikan langsung pun merasakan hal sama sebagaimana diceritakan oleh pemandu wisata tersebut. Akses menuju Sirkuit Mandalika dari Hotel Pullman yang menjadi tempat kami menginap, cukup dekat. Apalagi fasilitasnya sudah bagus.

Hyundai i30 N, Safety Car WSBK 2022

Butuh waktu sekitar 10 menit menggunakan bus. Tidak ada kemacetan saat masuk area sirkuit, scan tiket digital pun tidak ada kesulitan. Area luar sirkuit pun sudah diperbaiki, dan menjadi lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Bukan hanya itu, KabarOto juga mendapatkan kesempatan melakukan taxi ride Sirkuit Mandalika menggunakan Hyundai i30 N yang menjadi safety car WSBK 2022.

Pintu masuk Sirkuit Mandalika

Kembali pada balapan WSBK Mandalika. Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi yang terdepan pada balapan kedua. Namun, Alvaro Bautista (Ducati) berhasil gelar juara WSBK 2022 dengan finish di posisi kedua.