POPULAR STORIES

Wuling Air Ev Mudah Dalam Hal Perawatan Dan Penggunaan, Ini Penjelasannya

Wuling Air ev Mudah dalam Hal Perawatan dan Penggunaan, Ini Penjelasannya Foto: KabarOto

KabarOto.com – Wuling Motors sudah memasarkan mobil listrik Wuling Air ev, mobil mungil ini mengisi segmen mobil yang paling banyak konsumennya, yakni di bawah Rp 300 juta. Apalagi penggunaan mudah karena bisa melakukan pengisian (cas) dengan daya listrik di rumah minimal 2.200 watt.

Kebijakan mobil listrik bebas melintas jalan dengan aturan genap ganjil, hal ini sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Dapur pacu mobil listrik mungil ini mengandalkan motor listrik yang memproduksi tenaga sebesar 40 dk dan torsi sebesar 110 Nm. Sistem transmisi pada Air ev menggunakan single reduction gear dengan penggerak roda belakang (RWD).

Baca juga: 100 Mobil Listrik Wuling Air EV Ditugaskan Antar Para Petinggi Negara Asing Di KTT AIS 2023 Bali

Baterai menggunakan jenis lithium ferro-phosphate (LFP) IP67 rating berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range, baterai 26,7 kWh disediakan untuk tipe Long Range. Sedangkan Lite menggunakan baterai 18 kWh.

Tipe Long Range yang klaimnya dapat tempuh hingga 300 km saat terisi penuh. Wuling sendiri memberikan garansi baterai, motor listrik dan motor control hingga 8 tahun, atau sekitar 120.000 km.

Plus garansi reducer, power distribution unit dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100.000 km. Wuling juga memberikan gratis biaya jasa perawatan berkala bagi konsumen Air ev hingga 2 tahun atau 100.000 km.

Biaya pengecasan ramah biaya dengan rincian baterai Air EV 116 volt, 230Ah, kapasitas baterai 26,7 kWh, jarak tempuh 300 km. Untuk biaya listrik per kWh sekitar Rp 1.699,5 - ini merupakan tarif listrik per kWh pada rumah tangga daya 3.500 VA.

Penghitungan pengeluaran untuk Air EV sejauh 300 km, perlu biaya estimasi sekitar kurang dari Rp 50 ribuan (harga listrik per kWh dikali kapasitas baterai), kemudian biaya perawatan murah (Rp 3,9 juta per 100rb kilometer).

Baca juga: Honda Siapkan Mobil Listrik Calon Pesaing Wuling Air Ev

Pengguna Wuling Air ev juga dimanjakan dengan beragam fitur cerdas yang semakin memudahkan ketika berkendara. Wuling Remote Control App dengan fasilitas Internet of Vehicle (IoV) dan perintah suara berbahasa Indonesia dengan WIND juga turut dihadirkan di Wuling Air ev.

Selain itu ada Safety Protection yang terdiri dari 2 Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, sampai dengan Anti Theft Alarm.

Wuling Air ev ditawarkan dalam 3 pilihan, Standar Range dan Long Range. Tipe Long Range masih menjadi yang terlaris, porsi pemesanan sebanyak 85%. Air ev memiliki banderol Rp 222 jutaan untuk Standard Range dan Rp 273,5 jutaan untuk Long Range (OTR Jakarta) dan Rp 188,9 juta untuk Lite.