Yamaha Tidak Akan Menggunakan Motor Baru Untuk WSBK 2023

Yamaha Tidak Akan Menggunakan Motor Baru Untuk WSBK 2023 Toprak Razgatlioglu (foto : WSBK)

KabarOto.com – Pihak tim Yamaha memastikan tidak menggunakan motor versi terbaru untuk ajang World Superbike (WSBK) 2023.

Sejak 2016, YZR-R1 terbaru telah turun di WSBK karena persaingan yang semakin ketat dari Kawasaki. Pabrikan berlogo garpu tala itu biasanya selalu melakukan upgrade setiap musim.

Baca juga: Hasil Race 2 WSBK Ceko 2022 : Toprak Kalahkan Dominasi Bautista

Yamaha R1 2022 untuk WSBK

Namun, karena pandemik Covid-19 membuat para pabrikan memangkas pengeluaran sehingga motor tidak mendapatkan pembaruan. Tetapi, musim lalu Toprak Razgatlioglu mampu meraih kemenangan dan meredam dominasi dari Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team).

Sebaliknya, musim ini dibutuhkan langkah perubahan dibutuhkan untuk meredam serangan Alvaro Bautista (Aruba.it). Begitu pula dengan Rea yang kini semakin beringas dan sudah mendapatkan perpanjangan kontrak dengan Kawasaki.

Sepanjang musim ini, Bautista membawa Panigale V4 R sangat berbeda. Dan, pihak pabrikan pun berencana untuk memberikan pembaruan pada musim gugur mendatang.

Baca juga: Hasil MotoGP Inggris 2022 : Francesco Bagnaia Raih Kemenangan, Vinales Podium

“R1 adalah model penting Yamaha untuk masa depan, dan kami sedang mendisikusikan. Tujuan untuk mengembangkan R1 harus jelas untuk fokus trek atau untuk penggunaan jalan raya. Perjalanan produksi motor ini masih sangat panjang, tapi motor ini masih kompetitif. Jadi, menurut saya motor ini masih yang terbaik untuk saat ini,” ungkap Paul Denning selaku Prinsipal Yamaha WSBK.

Walaupun tidak mendapatkan banyak pembaruan, Toprak kini telah memborong lima kemenangan dan podium dalam dua seri terakhir. Hal itu juga menjadi pertimbangan Yamaha untuk tidak memberikan R1 versi terbaru. Pihak tim juga menenkankan bahwa mereka akan membawa sesuatu yang baru untuk para penggemar.