POPULAR STORIES

Yamaha YZF-R6 Race 2022, Siap Untuk Balapan

Yamaha YZF-R6 Race 2022, Siap untuk Balapan Sumber Foto : Yamaha Europe

KabarOto.com – Pada tahun 2021 pabrikan motor asal Jepang, Yamaha, mengeluarkan model baru untuk menggantikan Yamaha YZF-R6 yaitu YZF-R7.

Yamaha R6 berhenti produksi karena tidak bisa memenuhi emisi gas buang Euro5. Oleh karena itu, pabrikan berlogo garpu tala itu meluncurkan Yamaha R7 sebagai penerusnya.

Baca Juga : Yamaha YZF-R6 GYTR 2022, Siap Untuk Dipacu

Tetapi, baru-baru ini pihak Yamaha Eropa meluncurkan dua varian R6 khusus untuk balap yaitu R6 Race dan R6 GYTR. Walaupun R6 Race terlihat sangat mirip dengan versi jalan raya sebelumnya, dari keluar pabrik kondisinya sudah tidak memiliki lampu, spion, dan tempat pelat nomor.

Tetapi, motor ini menawarkan spek balap bermesin empat silinder berkapasitas 559 cc. Dapur pacu ini sudah mendapatkan pembaruan dengan menggunakan piston, klep titanium, dan kompresi rasio yang naik menjadi 13.1:1. Kini, tenaganya menjadi 117 dk di 14.500 rpm dengan torsi 61,7 Nm di 10.500 rpm.

Untuk memaksimalkan performa, motor ini sudah dibekali Yamaha YCC-I variable intake system dan electronic throttle control system (YCC-T). Lalu, guna mempermudah pengendara saat memasuki tikungan, bagian transmisi manual 6 percepatan ini sudah diperbarui dengan rasio lebih pendek dan sudah dilengkapi anti-slip. Tidak lupa, terdapat quick shifting system (QSS) up & down.

Baca Juga : Yamaha MT-10 Kini Berpenampilan Sangar Dan Mesin Baru

Yamaha YZF-R6 GYTR Edition

Di bagian kaki-kaki, suspensi depan dari KYB ukuran 43 mm yang mirip dengan miliki YZF-R1 dan suspensi belakang monoshock KYB yang dapat diatur guna mengincar handling yang lebih baik. Untuk mengimbangi performa, terdapat dual cakram depan berukuran 320 mm dengan kaliper radial empat piston.

Selain itu, untuk Yamaha R6 GYTR cocok untuk Sobat menginginkan varian yang lebih lengkap. Varian ini dilengkapi ECU SuperStock, dan paket system pembuangan full system dari Akrapovic spesial GYTR edition. Lalu, varian ini bagian jok belakang dapat diatur dengan jok spek balap yang bertujuan untuk memberikan ergonomi yang lebih baik.

Bicara soal harga, untuk YZF-R6 Race pihak pabrikan belum menyinggung nih Sob. Tetapi, untuk YZF-R6 GYTR Edition dibanderol sekitar USD18.399 atau setara RP 262 jutaan.