Yuk Cek Kelistrikan Motor Injeksi agar Motor Tetap Jos

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 17 Oct 2016 - 02:10
Yuk Cek Kelistrikan Motor Injeksi agar Motor Tetap Jos
Ilustrasi. Kenapa kelistrikan menjadi bagian yang penting di motor injeksi? Karena teknologi injeksi bergantung pada arus listrik yang stabil. (Foto: Istimewa)

Bagian yang tak boleh dilupakan adalah kelistrikan pada motor Anda. Kenapa? Karena kelistrikan inilah yang dapat menunjang performa kendaraan bermotor. Bagaimanakah teknis atau tips cek kelistrikan tersebut? Ini tipsnya untuk perawatan motor di bidang kelistrikan.

Bro and Sist perawatan motor pada setiap kendaraan bermotor sangatlah penting. Kelistrikan sangat menunjang performa kendaraan bermotor. Terlebih lagi dan khususnya pada sepeda motor yang bersistem injeksi, suplai kelistrikan yang prima menjadi syarat utama. Tujuannya agar sistim kinerja motor keseluruhan berjalan baik

Bila kelistrikan tak dikontrol atau pun terjadi kerusakan sedikit maka sistem kelistrikan bisa membuat motor Anda menjadi tak ada tenaga bahkan tidak menyala.

Kenapa kelistrikan menjadi bagian yang penting di motor injeksi? Karena teknologi injeksi bergantung pada arus listrik yang stabil. ECU (Electronic Control Unit) sebagai otak dari sistem injeksi bergantung sepenuhnya pada arus listrik aki.

Aki sebagai pembangkit daya harus memiliki stok listrik yang memadai, untuk itu pastikan tegangan listrik di aki motor injeksi sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan. Setelah memastikan aki stabil, komponen lainnya seperti sikring dan kabel jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa.

“Sikring sebagai pegaman, bilamana terjadi arus pendek, periksa kondisi sikring mulai dari sikring utama dan sikring pendukung lainnya, bersihkan jika ada kerak yang menempel karena kerak ini akan mengganggu arus listrik," ungkap Mekanik Bengkel Rian Motor Speed (RMS), jalan Haji Mencong Raya Ciledug.

Menurut RMS, selain sikring yang perlu diperhatikan adalah kondisi kabel bodi juga harus dipastikan rapi, tidak ada cacat yang akan mengganggu arus listrik. Terutama saat Anda memasang aksesoris motor yang menggunakan arus listrik, seperti lampu, klakson, dan lainnya.

“Jangan sampai aksesori yang terpasang pada motor yang menggunakan sistem injeksi ini menyedot daya listrik yang besar, sehingga membuat arus listrik tidak stabil. Lakukan selalu pemeriksaan berkala kelistrikan motor injeksi Bro and Sist agar selalu dalam keadaan prima," ujar RMS.

Baca Juga: